Wednesday 30 November 2011

Hipertensi Ganggu Kehidupan Seksual

Tekanan darah tinggi bukan saja berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke tapi juga berisiko untuk mengganggu kehidupan seksual Anda. Anda dapat mengalami impotensi atau gangguan ejakulasi pada pria, sedang pada wanita dapat mengalami rasa nyeri pada saat senggama dan sulit untuk mencapai orgasme. Sedangkan, tidak adanya keinginan untuk melakukan hubungan seksual dapat terjadi baik pada pria maupun wanita.

Walaupun obat hipertensi ada yang mempunyai efek samping menyebabkan gangguan seksual, tapi tekanan darah yang tinggi itu sendiri juga dapat menimbulkan masalah seksual. Hal ini disebabkan karena tekanan darah yang tinggi dapat mengubah pola sirkulasi dalam tubuh dan merusak lapisan dalam pembuluh darah arteri. Kedua masalah yang ditimbulkan itu akan menyebabkan aliran darah di penis (pada pria) dan vagina (pada wanita) akan menurun.

Bila masalah gangguan seksual ini disebabkan karena efek samping obat, maka dapat dikonsultasikan pada dokter dan dokter akan mengganti obat hipertensi tersebut dengan obat hipertensi jenis lainnya. Tapi yang terpenting adalah untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol sehingga risiko yang dapat terjadi seperti penyakit jantung, stroke dan juga gangguan seksual dapat dicegah.

No comments: