Wednesday 30 November 2011

Sulit Tidur Saat Kehamilan Semakin Tua?

Umumnya para calon ibu akan mengalami kesulitan tidur ketika kehamilan semakin membesar. Biasanya disebabkan karena perut yang semakin besar sehingga tidak nyaman tidur dengan berbagai posisi seperti biasanya, gerakan bayi, ataupun rasa tidak enak pada ulu hati, dan sebagainya. Namun Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda akan membahayakan bayi dalam kandungan jika kurang tidur. Para ahli mengatakan kurang tidur pada saat kehamilan tidak akan membahayakan bayi Anda.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar membuat tidur lebih nyaman :

1. Manfaatkan waktu yang tersedia untuk beristirahat.
2. Cari posisi tidur yang nyaman bagi Anda
Disarankan untuk tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri, untuk dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.
3. Hindari makan terlalu banyak dan merasa kenyang beberapa waktu menjelang tidur. Jika ingin makan sesuatu di malam hari, hindarilah mengkonsumsi makanan yang terlalu berat. Gantilah dengan snack ringan.
4. Hindari mengkonsumsi minuman dingin menjelang tidur.
Lebih baik jika Anda mengkonsumsi segelas susu hangat, dan hindari minuman dingin atau bersoda menjelang tidur, karena susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam otak dan membantu Anda tidur nyeyak.
5. Mandi dengan air hangat menjadikan tubuh terasa santai dan membantu Anda siap tidur.
6. Tarik nafas dengan dalam dan teratur.
Anda dapat melakukannya berkali-kali secara perlahan. Dengan begitu, Anda akan membantu mengurangi otot yang tegang, dan merasa santai. Dapat dilakukan dengan berdiri, duduk, bahkan berbaring. Tarik nafas, tahan sebentar, lalu keluarkan melalui mulut.
7. Dengarkan musik berirama santai sehingga dapat memberikan ketenangan.
8. Pijatan lembut pada tubuh.
9. Berhubungan sex sebelum tidur.
10. Aroma terapi.

No comments: