Monday 30 May 2011

Tidak Semua Anak Sama ...

Tumbuh kembang pada anak 1 hingga 2 tahun bersifat unik, karena setiap anak memiliki time-table-nya sendiri. Setiap anak memiliki kecepatannya sendiri.

Setiap anak dilahirkan dengan susunan gen yang berbeda dan dibesarkan dalam situasi yang berbeda. Termasuk jika mereka kembar sekalipun. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika mereka tumbuh dengan banyak perbedaan ketika mereka batita. Dalam usia 1 hingga 2 tahun, sebagian besar anak belajar berjalan, berbicara, memecahkan masalah, berhubungan dengan orang lain, dan sebagainya. Dalam hal itulah mereka akan menunjukkan keunikan yang dimilikinya dibanding anak-anak lainnya. Contohnya saja, ada anak yang belum bisa berjalan dengan lancar, dan memiliki kosakata yang sedikit jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya, namun ia memiliki kemampuan yang menonjol dalam berhubungan dengan orang lain.

Berikut ini karakteristik tumbuh kembang anak yang berusia 2 tahun (namun tidak perlu terpatok pada daftar ini, karena setiap anak memiliki keunikannya masing-masing) :

Secara fisik
Anak menjadi lebih aktif dari tahun-tahun sebelumnya. Anak sudah dapat berjalan, berlari, memanjat, naik-turun tangga sendiri, dan melakukan kegiatan menggali. Mereka sudah dapat melempar bola dan menendang bola tersebut ke depan. Mereka sudah dapat melompat dengan kedua kakinya, dan berjinjit. Mereka dapat mengambil sesuatu sebagian dan kemudian mengembalikannya kembali. Membuka dan menutup wadah. Mereka sudah mulai berminat untuk menggunakan toilet dan merasa tidak nyaman jika popok yang dikenakannya basah.

Secara sosial dan emosional
Mereka mulai dapat bermain sendiri dengan berpura-pura, tanpa melibatkan orang lain. Egois, sulit berbagi dengan yang lain, namun senang bermain dekat dengan teman-teman sebayanya. Senang berkata tidak. Kadang melakukan sesuatu yang berkebalikan dengan apa yang diperintahkan kepadanya. Mereka senang meniru tingkah orang dewasa, ingin ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Memiliki perasaaan yang mudah frustrasi. Tidak mau ditolong, lebih pede dibandingkan tahun sebelumnya, dan mereka masih memerlukan rasa aman.

Secara intelektual
Mereka sudah dapat mengikuti perintah sederhana. Sudah dapat mengkombinasikan 3 kata atau lebih. Mereka sudah dapat mengkombinasikan 3 kata atau lebih. Mereka sudah dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya. Menggunakan objek tertentu untuk mewakili objek lain. Rentang perhatian masih sangat terbatas, dapat mengingat sajak yang pendek, dapat mengikuti lagu sederhana, mulai berfikir sebelum bertindak, sulit menentukan pilihan walaupun sangat ingin.

No comments: