Monday 30 May 2011

Berapa Lama Antibodi Ibu Akan Bertahan pada Bayi?

Umumnya tidak lama. Tetapi itu bukan masalah besar. Sang bayi mungil kini telah bisa menghasilkan antibodi sendiri. Masa setelah dilahirkan memang masa dimana ia harus membangun sendiri daya tahan tubuhnya. Ia tidak bisa lagi tergantung pada ibunya.

Sistem pencernaan merupakan salah satu titik lemah dari bayi mengingat ia belum mampu menghasilkan IgA secara baik yang mampu menahan serangan kuman. Sekali lagi ibu akan datang membantnya. Ibu akan memberikan kolustrum (ASI yang keluar pada hari-hari pertama setelah melahirkan) yang penuh dengan IgA. Suplai ini akan terus didapat bayi bila ia mendapat ASI dari ibunya.

Walau demikian, sistem pertahanan tubuhnya masih tetap belum terlalu kuat. Karena itu, ia perlu diperkenalkan dengan kuman melalui cara yang aman. Inilah alasan mengapa imunisasi harus dilakukan.

Imunisasi diberikan kepada bayi agar ia dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menimbulkan cacat bahkan kematian. Bayi yang diimunisasi masih mungkin terkena penyakit (yang berhubungan dengan imunisasi yang diberikan), tetapi bila terkena, umumnya penyakit yang terjadi akan lebih ringan dan sembuh lebih cepat.

No comments: