Monday 30 May 2011

Ibu Gemuk Berisiko Pada Anak

Penelitian ini bertujuan untuk mencegah kegemukan pada anak sejak dini, dimana pada saat ini kecenderungan anak untuk mengalami kegemukan semakin meningkat. Pencegahan kegemukan sebaiknya dimulai sejak atau bahkan sebelum seorang anak dilahirkan.

Ibu yang mengalami kegemukan pada saat hamil, akan meningkatkan risiko anaknya untuk mengalami kegemukan juga. Risiko kegemukan ini meningkat hingga dua kali lipat dan terlihat pada saat anak mencapai usia sekolah.

Dari 8.000 anak-anak usia prasekolah yang diteliti, lebih dari 30 persen anak-anak itu mempunyai ibu yang mengalami kegemukan pada saat trimester pertama kehamilannya. Pada saat usia anak itu 4 tahun, hampir 1 dari tiap 4 orang anak dilahirkan oleh ibu yang mengalami kegemukan, dibandingkan dengan kurang dari 1 banding 10 anak yang dilahirkan oleh ibu yang tidak mengalami kegemukan.

Hubungan antara ibu yang gemuk dengan kegemukan pada anak, kemungkinan dikarenakan gen kegemukan pada ibu yang diturunkan kepada anaknya. Kemungkinan lain, karena ibu yang gemuk akan mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim. Selain itu, sang ibu akan memberikan pola makan yang salah dan aktifitas fisik yang kurang sehingga membuat anak kegemukan.

Sumber: Jurnal Pediatrics

No comments: