Tuesday 30 November 2010

Tetap Sehat dan Cantik di Usia Lanjut

"Hidup dimulai di usia 40" merupakan pepatah bagi sebagian besar wanita yang ingin menjalani aktivitas sama sibuknya ketika mereka berusia muda. Itulah yang menyebabkan semangat hidup seorang wanita yang memasuki masa menopause tetap bergairah.

Kaum wanita, khususnya yang sudah menginjak usia diatas 40 tahun, sebaiknya mulai mempersiapkan diri menghadapi usia lanjut yang bisa jadi "penuh" dengan serangan gangguan kesehatan.

Bagi mereka yang ingin memiliki kecantikan jasmaniah, tersedia berbagai perangkat kosmetika mulai dari yang sederhana sampai yang canggih seperti halnya teknik bedah plastik. Namun ingat, untuk menjalani prosedur yang canggih tersebut tentu harus benar-benar ditangani oleh ahlinya.

Di samping gangguan kesehatan yang bersifat fisik, ada pula gangguan kesehatan mental di usia lanjut. Daya ingat yang menurun sampai penurunan ketahanan terhadap stres dapat terjadi. Menjadi aktif di usia lanjut terbukti mampu memperlambat penurunan fungsi otak kita. Jadi ada baiknya bila kita justru tetap aktif di usia yang makin menua dan bukannya justru menikmati pensiun dengan tidak melakukan aktifitas apa pun.

Selain kosmetik dan aktifitas fisik, jangan pernah melupakan asupan nutrisi yang baik. Makan yang teratur, tidak berlebihan tapi tetap seimbang merupakan kunci dari kesehatan. Jangan pula dilupakan untuk mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung antioksidan. Selain itu, olah raga yang teratur, sesuai dan seimbang pun wajib dilakukan.

Menjadi tua memang tidak dapat dihindari. Namun jangan khawatir, saat ini banyak kelainan dan penyakit yang terjadi pada proses menua dapat dicegah sejak dini. Hal tersebut berhubungan dengan kemajuan riset di bidang kesehatan seperti alat-alat diagnostik, terapi, konsumsi bahan kesehatan, dan sebagainya.

Nah, walau sudah menginjak usia di atas 40 tahun, sebaiknya jangan merasa rendah diri, pandanglah dunia ke depan dan berusahalah untuk tetap sehat dan cantik di usia lanjut.

No comments: