Tuesday 30 November 2010

Jenis Olah Raga Bagi Ibu Hamil

Tujuan olah raga selama kehamilan adalah untuk mempertahankan tingkat kebugaran yang baik. Kalau Anda sehat dan kehamilan Anda baik-baik saja, maka olah raga adalah aktivitas yang aman. Jika Anda sering berolahraga secara rutin, sesuaikan olahraganya dengan kondisi tubuh saat ini. Jika Anda jarang berolahraga sebelum kehamilan, ada beberapa jenis olahraga yang aman dan efektif menurut anjuran American College of Obstetricians Gynecologist (ACOG).

Olahraga air
Berenang atau olah raga air lainnya sangat aman dan cocok bagi wanita hamil. Anda dapat mencapai kebugaran aerobik tanpa takut jatuh. Kalau Anda lelah, Anda dapat mengapung dan rileks. Untuk mendapatkan hasil latihan yang baik, jagalah agar sebagian besar tubuh Anda berada di dalam air sewaktu berolahraga.

Berjalan
Berjalan adalah olahraga yang paling aman selama kehamilan karena olah raga tersebut lembut bagi tubuh dan ringan untuk persendian. Gunakan sepatu jalan yang baik untuk memaksimalkan stabilitas dan kenyamanan. Minumlah banyak air dan jangan berolahraga pada saat terlalu panas atau lembab.

Bersepeda
Bersepeda statis merupakan aktiitas yang aman selama kehamilan. Anda tidak perlu takut kalau terjatuh. Pastikan tempat duduk dan ketinggiannya cukup nyaman. Sebaiknya hindari lutut dan sendi pinggul yang terlalu meregang saat mengayuh. Periksakan denyut nadi agar tidak lebih dari batas 140 denyut per menit.

Aerobik
Jika aerobik merupakan kegiatan rutin Anda sebelum hamil, Anda dapat melanjutkannya selama hamil dengan sedikit penyesuaian. Awasi denyut nadi dan tetaplah dalam batas yang dianjurkan. Jika sebelumnya Anda tidak pernah melakukan aerobik, cobalah untuk ikuti kelas aerobik bagi wanita hamil.

No comments: