Tuesday 30 November 2010

Memilih Rumah Sakit yang Tepat

Lokasi
Sebaiknya Anda memilih rumah sakit yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Selain memudahkan untuk pemeriksaan rutin, jarak rumah dan rumah sakit yang dekat juga sangat menguntungkan, sehingga bila sewaktu-waktu Anda akan melahirkan. Anda akan segera mendapat perawatan medis yang diperlukan sedini mungkin.

Pendaftaran
Pada saat kehamilan Anda berusia dua tiga bulan, biasanya dokter menganjurkan Anda mendaftarkan diri di rumah sakit bersalin. Rumah sakit bersalin biasanya akan memberikan kartu kuning yang harus Anda tunjukkan pada saat Anda masuk rumah sakit untuk melahirkan. Saat pendaftaran, selain nama dan alamat Anda serta suami dicatat, petugas rumah sakit akan menanyakan kamar perawatan kelas berapa yang akan Anda pilih, dokter atau bidan yang akan menangani persalinan Anda, serta apakah bayi Anda kelak akan diperiksakan pada dokter anak atau cukup bidan saja.

Lakukan pendaftaran rumah sakit sedini mungkin agar pada saat Anda melahirkan, pihak rumah sakit telah siap membantu Anda dalam menyiapkan keperluan Anda di rumah sakit, seperti kamar inap, kamar operasi (bila diperlukan), dan lain-lain. Saat mendaftar, jangan ragu untuk meminta penjelasan tentang perbedaan antar kamar inap pada bagian informasi.

Fasilitas rumah sakit
Agar Anda merasa nyaman dengan rumah sakit yang Anda pilih, ada baiknya Anda mengenal keadaan rumah sakit berikut fasilitas-fasilitas ruangan yang tersedia di rumah sakit tersebut. Bila perlu, Anda bisa meninjau ruang-ruang yang berkaitan dengan proses melahirkan Anda, seperti: ruang persiapan kelahiran, kamar bersalin, ruang pemulihan, maupun ruang perawatan. Hal ini semata-mata untuk memberikan rasa tenang pada Anda saat melahirkan.

No comments: