Tuesday 30 November 2010

Produk Susu Memang Baik Bagi Kesehatan

Para ahli gizi menyatakan bahwa teori yang membenarkan larangan susu atau produk susu dalam diet tidaklah memiliki dasar ilmiah. Produk susu sebenarnya mengandung berbagai vitamin penting karena produk susu (seperti yoghurt dan keju) merupakan sumber terbaik yang mudah menyerap kalsium.

Berikut ini beberapa fakta manfaat produk susu bagi kesehatan:

Kesehatan tulang

Pengeroposan tulang atau osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang menjadi rapuh dan bahkan berakibat patah tulang. Masalah tersebut disebabkan oleh kekurangan kalsium. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kalsium memang penting bagi pertumbuhan tulang yang kuat pada anak-anak dan menjaga kekuatan tulang pada orang dewasa. Susu dan produk susu merupakan sumber utama kalsium.

Para ahli gizi menyarankan agar kita mengonsumsi kalsium dengan jumlah yang tepat. Anak-anak dan orang dewasa sebaiknya mengonsumsi dua atau tiga porsi produk susu setiap hari. Anak laki-laki berumur 11 hingga 18 tahun sebaiknya mengonsumsi tiga sampai empat porsi. Satu porsi setara dengan 200 ml gelas susu.

Penyakit jantung, kanker dan stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 25 tahun oleh Bristol University membuktikan bahwa susu dapat melindungi kita dari penyakit jantung, kanker, dan stroke. Penelitian yang melibatkan 5.700 pria Skotlandia yang berumur 35 dan 64 tahun menunjukkan bahwa mereka yang minum satu liter susu per hari memiliki kemungkinan 8% lebih kecil untuk berkembang menjadi penyakit jantung dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu liter susu per hari.

Gigi

Dokter gigi sering mengatakan bahwa air, susu, atau teh yang tidak manis dan kopi merupakan minuman yang dapat dikonsumsi diantara makanan karena tidak menyebabkan kerusakan gigi. Sebaliknya gula yang terkandung dalam jus buah-buahan dan minuman soda dapat menyebabkan erosi pada gigi terutama sewaktu minum diantara makanan, yaitu ketika mulut tidak memproduksi saliva yang membantu merusak bahan-bahan berbahaya. Penelitian juga menunjukkan bahwa keju sangat baik bagi gigi ketika dimakan setelah makanan karena kalsium dan protein yang terkandung dalam keju akan membantu menetralisir asam dalam mulut.

Tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat berujung pada terjadinya penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan produk susu dapat mengurangi risiko penyakit tersebut. Mengonsumsi produk susu yang rendah lemak, buah-buahan, dan sayuran diketahui sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah. Pola makan seperti ini jauh lebih efektif dibandingkan beberapa pengobatan tekanan darah.

Kanker usus

Produk susu juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker usus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium memiliki kemungkinan yang kecil untuk terkena adenomas (awal dari kanker usus). Sebaliknya jika tidak memasukkan produk susu dalam pola makan, maka akan dapat meningkatkan risiko kanker usus akibat meningkatnya toksin dalam feses kita.

No comments: