Monday 20 August 2007

Yoghurt Sehatkan Mata

Mata adalah jendela hati. Bahkan, kecantikan seseorang dapat terpancar dari tatapan mata yang indah dan sehat. Coba perhatikan tatapan mata orang yang senang, sedih, sehat, sakit, stres maupun lelah. Salah satu manifestasi kondisi yang kurang sehat dan cantik tentunya, yaitu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Bisa dibilang sepele, tetapi mengganggu.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya lingkaran hitam pada mata. Selain karena stres, penyebab lainnya adalah kurang tidur maupun kekurangan asupan bergizi (zat besi dan vitamin K) bisa juga karena keturunan, mengidap alergi, asma dan eksim. Konsumsi obat-obatan dapat juga mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di sekitar mata.

Bukan hanya itu, pada saat kehamilan dan menstruasi, kulit terlihat lebih pucat dan urat di bawah mata seketika akan lebih terlihat. Lemahnya kinerja ginjal dan liver juga dapat menjadi indikasi penyebab timbulnya garis hitam di bawah mata ini. Begitu juga bagi penderita sinus yang memiliki tekanan pembuluh darah lebih besar. Faktor lainnya karena proses penuaan, terkena sinar matahari berlebih, dehidrasi, dan terlalu sering menggunakan kacamata.

Saat ini banyak rangkaian produk kosmetik untuk mengatasi masalah lingkaran hitam pada mata ini. Antara lain krim yang mengandung bahan untuk mengurangi pembentukan pigmen warna kulit melanin. Tata rias yang mengandung bahan concealer dengan warnanya setingkat lebih muda dari warna kulit setiap pergi ke luar rumah pun dapat dijadikan pilihan.

Namun, ada cara alami untuk mengatasi problema lingkaran hitam pada mata ini, yaitu dengan mengoleskan campuran satu sendok teh susu, yoghurt tawar, dan madu. Diamkan selama tiga puluh menit, lalu bersihkan dan gunakan selama 30 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, campuran jus lemon dan tomat dengan perbandingan 1:1 dua kali sehari pun dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah ini. Atau bisa juga dengan mengompres daerah sekitar mata dengan air hangat atau dingin. Namun, jangan menggunakan es atau air yang terlampau dingin.

Jagalah kondisi dengan tidur cukup, menggunakan concealer atau sunscreen dan kacamata hitam agar terlindungi dari sengatan sinar matahari. Selain itu mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi, protein, dan vitamin lainnya. Selamat mencoba.

No comments: