Thursday 30 January 2014

WASPADA, Penyakit Pasca Banjir


Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis). Leptospirosis dikenal juga dengan nama Penyakit Weil, Demam Icterohemorrhage, Penyakit Swineherd's, Demam pesawah (Ricefield fever), Demam Pemotong tebu (Cane-cutter fever), Demam Lumpur, Jaundis berdarah, Penyakit Stuttgart, Demam Canicola, penyakit kuning non-virus, penyakit air merah pada anak sapi, dan tifus anjing

SIAGA SATU, MUSIM PENGHUJAN

Musim penghujan sudah kembali menghampiri kita. Banjir dan genangan air sudah mulai menjadi hal yang akan sering kita saksikan selama musim hujan ini terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, bahkan sudah ke daerah daerah kota kota kecil.

PENYAKIT DI MUSIM PENGHUJAN

Selain harus mewaspadai bahaya bencana banjir, kita juga sebaiknya mewaspadai penyebaran penyakit selama banjir, apalagi yang punya anak kecil, anak kecil biasanya lebih suka kalau banjir karena bisa bermain/berenang bersama temannya, Cuma penyakitnya ini pasti mulai gejala ringan sampai berat, mulai dari gatal – gatal dan yang lain bentol – bentol mungkin, Seperti salah satu penyakit yang sangat berbahaya ini, yaitu Leptospirosis.

LEPTOSPIROSIS, JENIS PENYAKIT APA?

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman leptospira yang terdapat dalam kencing tikus dilingkungan sekitar, hewan pengerat lainnya. Karena yang menyebabkan itu adalah kencing tikus yang mengandung kuman tersebut larut dalam air, seperti banjir dan genangan air, maka air tersebut bisa menjadi media penularan kepada manusia apalagi anak – anak.

PENYEBAB SUMBERNYA DARI MANA SIH?

Bahayanya jika kulit kita yang terluka, walaupun kecil, atau dengan mukosa tubuh yang terkontak dengan air yang tercemar kuman leptospira ini maka akan menjadi jalan masuk kuman tersebut untuk menginfeksi tubuh kita.

GEJALA PENYAKIT

Gejala awal dari Leptospirosis adalah

 1. Demam yang sangat tinggi disertai dengan nyeri kepala hebat
 2. Mual muntah
 3. Nyeri yang hebat
 4. Kulit dan mata penderita akan menjadi berwarna kuning, disertai dengan pembesaran hati.
 5. Semakin lama tidak tertangani maka penyakit ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut dan gagal hati, bahkan bisa berujung pada kematian.

PENCEGAHAN

Penyakit ini bisa diobati dengan atibiotik dan tidak akan terjadi komplikasi seperti gagal ginjal dan gagal hati jika segera ditangani. Jadi waspadalah ketika musim hujan dan sering terjadi banjir seperti saat ini. Yang lebih penting lagi, lakukan beberapa langkah pencegahan agar tidak terinfeksi leptospirosis seperti :
 1. Jangan bermain-main atau berenang di kubangan air saat banjir.
 2. Selalu memakai sepatu boot jika terpaksa harus masuk ke genangan air.
 3. Selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sebelum makan.
 4. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

No comments: