Thursday 30 January 2014

Tanda Perkembangan 3 hingga 5 tahun Terlambat


Si kecil kini sudah memasuki usia prasekolah, dan sudah sering berkumpul bersama teman-teman sebaya dalam kelas kelompok bermain. Si kecil sudah memperlihatkan kemandiriannya dan mulai memperhatikan orang dewasa dan anak-anak di luar keluarga.

Sosialisasi yang dilakukan dengan orang sekitarnya akan mengasah kepribadian dan cara berpikir serta bertindak. Si kecil sudah mulai bisa memakai baju dengan bantuan, senang bermain dengan teman-temannya, mengingat cerita atau kejadian tertentu dan dapat menyanyikan lagu yang pernah diajarkan kepadanya.

Untuk membantu perkembangannya:
  1. Dukung si kecil untuk bermain dengan anak lain, karena akan membantunya memahami arti membagi sesuatu dengan orang lain dan arti persahabatan.
  2. Bimbing si kecil untuk berbicara dalam kalimat yang lengkap, dan membantunya untuk menggunakan kata-kata yang tepat dan susunan kalimat yang benar.
  3. Tetaplah membaca untuk si kecil, agar si kecil mempunyai kecintaan akan buku. Seringlah ajak si kecil ke perpustakaan atau toko buku.
    Ajaklah si kecil untuk ikut membantu dalam tugas rumah sehari-hari yang sederhana.
  4. Tetap konsisten dan jelas dalam menegakkan disiplin pada si kecil. Berikan contoh perilaku yang Anda inginkan darinya.
Tanda-tanda keterlambatan perkembangan menurut AAP (American Academy of Pediatrics) tapi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak:
  1. Tidak mau berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarganya.
  2. Tidak bisa memegang pensil atau krayon dengan ibu jari dan telunjuk.
  3. Tidak menunjukkan rasa ketertarikan akan permainan interaktif.
  4. Agresif, tidak mempunyai pengendalian diri saat marah atau kesal.
  5. Tidak bisa menggunakan kata "saya" dan "kamu" dengan tepat.
  6. Hanya sedikit rasa tertarik untuk bermain dengan anak sebaya lainnya.
  7. Tidak bisa dipisahkan dari orangtua.

No comments: