Thursday 30 January 2014

Penatalaksanaan Maag


Pengobatan maag harus dilakukan sampai tuntas. Jika tidak, maka maag bisa kambuh lagi dan bahkan menjadi semakin kronis.

Penatalaksanaan maag adalah dengan memperhatikan faktor penyebab dab pencetusnya. Mereka yang ketahanan mukosa lambungnya sensitif harus lebih hati-hati karena mudah terserang gejala maag. Jika mengonsumsi makanan yang bersifat iritatif, seperti kopi, makanan terlalu asam, pedas, makanan yang mengandung gas seperti kol, bisa terasa ingin muntah.

Langkah berikutnya, hindari perut kosong terlalu lama. Bagi yang susah makan, ubahlah pola makan menjadi porsi yang kecil-kecil, tetapi sering. Hindari makanan atau obat yang bisa mengiritasi lambung. Meski dalam penelitian tidak terbukti secara bermakna atau masih diperdebatkan, stres bisa menyebabkan hipersekresi asam lambung.

Ada juga obat yang bersifat menetralkan asam lambung, seperti antasida, dengan nama dagang Mylanta, Promag, dan lain-lain. Obat ini bekerja untuk membuat keasaman lambung menurun sehingga iritasi terhadap mukosa lambung bisa ditekan. Untuk maag kronis karena ada ulkus atau perlukaan dan infeksi, bisa diberikan obat antiseptik.

Obat lain adalah golongan protonpamhidibitor (PPI) yang bekerja menghambat skresi asam lambung. PPI bekerja langsung pada enzim, yang memicu terjadinya sekresi asam lambung.

No comments: