Thursday 30 January 2014

Aneka Vitamin Dan Mineral


Di dalam tubuh, betakaroten diubah menjadi vitamin A. Tidak memadainya simpanan vitamin ini di dalam tubuh menyebabkan sel menjadi kaku, kering, dan sistem perlindungannya melemah. Akibatnya, bakteri mampu menembus ke dalam dan terjadilah infeksi. Itu sebabnya vitamin A dikenal sebagai agen anti infeksi.
  
Yang disebut top antioksidan, yaitu vitamin C, dibutuhkan untuk membentuk kolagen, jaringan yang mengikat erat antara otot dan tulang. Seperti lem, kolagen menyatukan seluruh tubuh kita. Vitamin C juga bermanfaat membentuk pembuluh darah,menjaga organ-organ dan kulit tetap di tempatnya. Lebih dari itu, vitamin C membantu antioksidan lain bekerja lebih baik.tanpa vitamin C, tubuh tak dapat memproses vitamin dan mineral seperti asam folat dan besi.
    
Bersama vitamin A, betakaroten, dan vitamin C, vitamin E melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin E bekerja langsung pada membran atau selaput sel dari ancaman radikal bebas sehingga sel-sel tubuh tidak rusak.
   
Magnesium dibutuhkan setiap sel untuk memproduksi energi. Unsur ini diperlakukan untuk membentuk lebih dari 300 enzim yang berbeda. Enzim-enzim inilah yang akan mengirimkan pesan sepanjang saraf untuk membuat otot menjadi rileks, memelihara kekuatan tulang dan gigi, membantu detak jantung, menjaga tekanan darah menjadi normal.
    
Lebih dari 200 enzim yang berbeda dalam tubuh tergantung dari Zinc. Satu contoh, kita butuh Zinc untuk membentuk enzim alcohol dehydrogenase yang akan menguraikan alkohol. Bila kekurangan Zinc, tubuh tidak dapat memproses alkohol dan akan mabok meski minum hanya sedikit.
    
Zinc juga kita butuhkan untuk membentuk hormon-hormon, terutama yang mengontrol pertumbuhan dan hormon testosteron. Ada hormon yang berfungsi sebagai pemberitahu saat tubuh sedang di serang bakteri . Hormon ini ada bila zinc memadai dalam tubuh. Pria butuh zinc karena testosteron berfungsi dalam bentuk kulit, rambut, mata, kuku, dan prostat.
  
Unsur  flavonoid juga termasuk super antioksidan yang membantu menghalau virus, meredakan memar dan bengkak, nyeri, dan reaksi alergi. Karena itu, sangat bagus untuk penderita asma.
  
Tubuh kita membentuk sendiri antioksidan yang disebut glutathione peroxidase. Tanpa Selenium, enzim ini tak dapat dibentuk. Sementara Manganese atau Mangan, dibutuhkan untuk membantu pembentukan jaringan konektif, membawa glukosa ke sistem lain, dan menguraikan protein. Agar tulang kuat, Anda perlu Mangan. Bagi wanita yang sedang menstruasi, Mangan bermanfaat membantu melancarkan haid.
   
Kromium (pikolinat) sangat penting bagi diabetesi karena membantu mengontrol kadar gula darah. Bagi binaragawan, Kromium diperlukan untuk membentuk otot lebih cepat. Bagi yang lain, Kromium bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan memproduksi hormon anti penuaan atau DHEA dehydroepiandrosterone).
  
 Masih banyak lagi antioksidan jenis lain. Semua terkait dengan proses dalam tubuh kita. Jadi, jangan lupa minum vitamin dan mineral setiap hari.

No comments: