Thursday 30 January 2014

6 Sumber Protein Alami yang Jarang Diketahui


Anda sering merasa lelah, letih, lesu, dan letoy sepanjang waktu? Bisa jadi anda tidak mendapat asupan protein yang cukup. Protein adalah salah satu zat bangunan tubuh. Selain membantu meningkatkan energi, protein juga mengurangi nafsu makan dan membakar lemak. Dibutuhkan minimal 50 gram protein untuk kebutuhan sehari-hari. Jika anda merasa kesulitan memperoleh sumber protein dalam jumlah yang besar, saya punya beberapa daftar makanan yang bisa dijadikan sumber protein alami.

Yuk.. kita simak 6 sumber protein yang mungkin belum anda ketahui:

1. Alpukat

Bukan hanya kaya antioksidan dan lemak tak jenuh, alpukat juga sarat akan nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk protein. Menurut Dr. Oz, terdapat lebih dari empat gram protein per cangkir alpukat. Olah dengan salad, jus, ataupun produk makanan lain. Silakan Berkreasi!

2. Kacang Arab

Setengah cangkir makanan ringan serbaguna ini berisi lebih dari tujuh gram protein. Tambahkan kacang arab ke salad, haluskan mereka dengan tahini, bawang putih, cuka dan sedikit minyak lalu panggang untuk meningkatkan protein.

3. Hemp

Hemp sarat akan protein dan asam amino esensial. Satu ons biji hemp mengandung enam gram protein atau setara dengan satu butir telur ayam! Hemp dapat ditambahkan ke hampir semua makanan dengan mudah, taburi di atas sereal, salad atau nasi.

4. Kacang Polong

Apakah anda tahu satu porsi kacang polong mengandung protein seperti halnya satu porsi selai kacang? Satu cangkir kacang polong mengandung delapan gram protein serta hampir 100% dari kebutuhan vitamin C harian dan banyak serat mengenyangkan.

5. Biji Labu

Biji labu lebih sering muncul saat musim gugur, tetapi sumber protein nabati ini sering dikemas untuk disimpan sepanjang tahun. Satu ons biji labu berisi sembilan gram protein yang juga baik untuk kesehatan ginjal! Coba tambahkan ke sarapan oatmeal anda.

6. Tomat Kering

Pernah mencoba olahan tomat ini? Tomat kering hasil proses penjemuran adalah tambahan yang sempurna untuk cabai dan kacang-kacangan. Satu cangkir penuh nutrisi super ini berisi delapan gram protein.

No comments: