Friday 30 August 2013

Polusi Udara Dapat Sebabkan Leukemia pada Anak


Polusi udara yang diakibatkan karena asap rokok dan asap hasil pembuangan pembakaran kendaraan bermotor, dapat berakibat buruk bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Telah pernah dipublikasikan akan efeknya dalam menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Kali ini, peneliti mengungkapkan bahwa ibu hamil yang menghirup udara kotor ini akan menyebabkan anaknya berisiko menyebabkan kanker, yaitu Leukemia, hingga 4 kali lipat.

Oleh karena itu, ibu-ibu yang sedang dalam keadaan hamil atau yang baru mengalami konsepsi (penyatuan sperma dan sel telur), berisiko terbesar jika mempunyai tempat tinggal di dekat pabrik, daerah pembangkit listrik atau di persimpangan jalan besar.

Pada penelitian ini, terlihat bahwa anak-anak yang menderita leukemia (kanker darah) telah mempunyai sel-sel kanker tersebut pada saat mereka dilahirkan. Ini menunjukkan bahwa kemungkinan penyakit ini berasal dari sejak mereka masih dalam kandungan. Penyebabnya bisa dikarenakan bawaan dari lahir (herediter), virus atau radiasi. Atau bisa juga, karena polusi udara yang dihirup oleh sang ibu, akan membawa karsinogen (penyebab kanker) masuk ke janin melalui plasenta (ari-ari). Selain itu, paparan langsung yang dialami pada saat baru dilahirkan, atau melalui ASI (air susu ibu) juga perlu dipertimbangkan.

Penelitian ini perlu pembuktian lebih lanjut untuk memastikan pengaruh polusi terhadap kanker pada anak. Tapi sementara itu, usaha untuk mengatasi polusi yang sudah dalam ambang yang mengkhawatirkan, perlu segera mendapat penanganan.

Sumber: Journal of Epidemiology and Community Health

No comments: