Friday 30 August 2013

Menunda Makanan Padat Bisa Kurangi Alergi


Pemberian makanan padat pertama pada si kecil sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat, agar proses menyusui tidak terganggu. Tapi, apakah penundaan juga bisa membantu mengurangi risiko alergi?

Perdebatan kapan sebaiknya bayi pertama kali diberikan makanan padat terus meruncing. Sebagian ahli menyatakan agar bayi diberikan makanan padat saat berusia 4-6 bulan, sebagian lainnya menyarankan pemberian setelah 6 bulan. Yang pasti, ASI eksklusif adalah pilihan terbaik bagi si kecil yang berusia 0-6 bulan.

Untuk mengurangi risiko alergi, World Health Organization (WHO), American Academy of Pediatrics (AAP) dan kelompok-kelompok lainnya menganjurkan para orang tua untuk tidak memberikan anak-anak mereka makanan padat sampai berusia sekitar 4-6 bulan.

Namun, temuan baru yang diterbitkan dalam Journal Pediatrics, 2008, mempertanyakan efektivitas strategi ini. Walaupun menunda pemberian makanan padat bagi bayi masih disarankan, langkah ini tak bisa banyak diandalkan untuk mengurangi risiko alergi dan asma pada anak.

Para peneliti dari Jerman menemukan bahwa diantara 2.073 anak-anak yang terus diteliti sepanjang 6 tahun, mereka yang tidak menerima asupan makanan padat hingga berusia 4-6 bulan tidak berisiko lebih kecil untuk terkena alergi pernapasan, asma atau kepekaan terhadap alergi-alergi makanan.

Penundaan pemberian makanan padat pada bayi dapat mengurangi risiko alergi, tetapi hanya sdikit bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

Satu pengecualian adalah kondisi kulit, eksim. Ketika para peneliti mengamati anak-anak yang tidak memiliki gejala alergi atau penyakit kulit sebelum mereka berusia 6 bulan, mereka yang mendapat makanan padat sebelum berusia 4 bulan cenderung akan mengalami penyakit kulit saat beranjak besar.

Hal ini tidak berarti bahwa para orang tua harus mengacuhkan anjuran menunda pemberian makanan padat bagi bayi. Para orang tua tetap dapat menjalankan anjuran WHO, namun tidak berarti dapat menurunkan risiko alergi.

Terlepas dari hasil penelitian ini, tetap ada sejumlah alasan kuat untuk menunda pemberian makanan padat bagi bayi. Misalnya si kecil harus cukup besar untuk bisa mengunyah dan menelan makanan padat dengan baik. Dan yang paling penting, demi kesehatan dan perkembangan menyeluruh bayi, banyak ahli menyarankan sebaiknya si kecil diberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

Sumber: Health Today

No comments: