Friday 30 August 2013

Ibu Hamil Pelupa Tergantung Jenis Kelamin Janin


Apa yang menyebabkan seorang ibu hamil menjadi lebih pelupa? Penyebabnya mungkin karena janin yang dikandungnya itu berjenis kelamin perempuan. Kedengarannya aneh memang, tapi peneliti dari Kanada menyatakan bahwa mereka mempunyai bukti bahwa ibu yang mengandung anak perempuan akan lebih pelupa dibanding jika dia mengandung anak laki-laki.

Penelitian ini dilakukan selama 18 bulan terhadap 39 wanita di daerah Vancouver, Kanada dimana sang ibu-ibu ini sedang dalam keadaan hamil beberapa bulan hingga persalinan. Mereka semua diberikan delapan macam test yang dilakukan beberapa kali selama kehamilan dan persalinan.

Dalam tiga test kognitif terlihat, ibu-ibu yang mengandung bayi laki-laki mempunyai nilai test yang lebih baik secara bermakna. Dan ibu-ibu ini secara konsisten memberikan hasil test yang lebih baik dibanding dengan ibu-ibu yang mengandung bayi perempuan dalam test daya ingat, kemampuan berhitung dan visualisasi.

Mengapa terjadi hasil demikian? Para peneliti menduga bahwa terdapat faktor bawaan janin yang tidak diketahui, yang berbeda antara janin laki-laki dan perempuan, yang dapat mempengaruhi kemampuan kognisi dari sang ibu.

Bagaimana menurut Anda? apakah Anda mempunyai mengalami daya ingat yang berbeda saat mengandung anak laki-laki dan perempuan? Untuk memastikan hal ini, sangat diperlukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam. Penelitian yang telah dilakukan ini dapat dibaca dalam jurnal NeuroReport.

No comments: