Friday 30 August 2013

Pentingnya Bermain


Menurut  Paul Young.MD, ahli perkembangan anak. Bermain buat bayi adalah meningkatkan berbagai macam kecerdasan. Apa saja yang bisa ditingkatkan? ada 5 domain besar dalam perkembangan anak.berikan satu mainan  kepadanya, lalu cek bagaimana anak berkembang lewat permainan itu:

Fisik
Dengan menggulingkan  badan dengan memeluk mainan, anak belajar koordinasi motorik kasar, misalnya cara mengarahkan kaki dan tangan untuk berguling. Ia juga belajar keseimbangan tubuh. Tentu saja permainan ini menyehatkan. Anak juga belajar  menggengam mainan, dan ini menyempurnakan  koordinasi motorik halusnya.

Kognitif
Anak bisa belajar tentang perbedaan warnas, bentuk,ukuran, tinggi- pendek,dan lain-lain. Tanpa anda sadari, sebetulnya sikecil juga belajar berkonsentrasi, mengingat,mengobservasi dengan teliti, dan memecahkan masalah sederhana. Misalnya, belajar bagaimana balok-balok kayu bisa berdiri satu di atas yang lain.

Emosi
 Terkadang ia akan jengkel karena mainannya  tidak bisa berubah seperti yang ia inginkan, misalnya kesal karena bonekanya tidak bisa berdiri jika dilepaskan. Setelah itu ia akan belajar untuk mengendalikan emosi. Jika anda mengenalkan emosinya, ia juga akan belajar mengenali emosi tersebut, misalnya,, kamu lagi marah ya,Nak??

Bahasa
Ia akan mengenali nama berbagai mainan, terutama jika ada yang  mengajaknya bicara saat bermain, kosa katanya pun akan lebih banyak.

Nah, percaya kan betapa pentingnya bermain buat bayi? Jadi, jangan halangi si kecil bermain. Biarkan ia mengeksplorasi lingkungan, sediakan banyak mainan untuknya.

No comments: