Friday 30 August 2013

Kenyamanan Saat Hamil


Anda ingin bekerja selagi hamil? Bukan masalah, karena kehamilan bukan hambatan aktif bekerja di kantor. Yang harus diusahakan adalah menjaga kenyamanan selama bekerja. Bagaimana caranya?

Duduk dengan nyaman

Jaga ketinggian tempat duduk Anda aar sesuai, caranya :
  1. Duduk tegak dengan kaki menapak ke lantai.
  2. Letakkan pensil atau bolpen di atas paha Anda. Upayakan agar pensil / bolpen tersebut tetap berada pada tempatnya. Karena jika pensil / bolpen menggelinding ke arah depan (lutut), artinya kursi yang Anda duduki terlalu tinggi. Jika pensil / bolpen menggelinding ke arah belakang, maka kursi Anda terlalu rendah.
Jika kursi Anda terlalu tinggi dan tidak dapat diubah, carilah sesuatu yang dapat digunakan untuk mengganjal kaki, seperti kursi kecil agar peredaraan darah tetap lancar.

Duduklah dengan punggung tegak, paha sejajar dengan lantai tanpa ada tekanan dari tempat duduk atau halangan terhadap sirkulasi darah ke kaki.

Usahakan agar telapak kaki menempel rata pada lantai dengan santai, agar Anda dapat duduk dengan nyaman.

Berdiri tegak

Bagi Anda yang harus bekerja dengan posisi berdiri cukup lama, biasalkanlah berdiri dengan tegak. Jangan biarkan perut Anda menarik bagian punggung ke depan, dan bahu Anda tertarik ke belakang sehingga membentuk lengkungan.

Agar tidak terlalu cepat lelah ketika berdiri, angkat salah satu kaki dan letakkan di atas penyangga. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya tegangan di dasar punggung. Lakukan secara bergantian dengan kaki yang lain.

Sering-seringlah mengganti posisi kaki Anda, sebab jika Anda terlalu lama berdiri dengan salah satu kaki terlalu lama, akan menyebabkan timbulnya hambatan sirkulasi darah di kaki.

Mengemudi

Lakukan pemeriksaan lengkapp terhadap kondisi kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengendarai mobil setiap hari ke kantor.
Gunakan bantal tambahan untuk mengganjal bagian belakang tubuh Anda agar Anda merasa nyaman saat mengemudi.

Kenakan sabuk pengaman dengan posisi sabuk tidak menekan perut atau payudara.

Sikap Tubuh

Ketika mengankat tas kerja atau sesuatu yang agak berat, lakukanlah dengan hati-hati. Bawalah benda tersebut dengan memeluknya, tidak menjinjing benda tersebut dengan sebelah tangan. Jika memungkinkan bawalah benda tersebut di punggung dengan cara memasukkannya ke dalam tas ransel atau sebagainya.

Ketika Anda mengambil sesuatu di lantai, lakukanlah dengan berjongkok (tidak dengan posisi tubuh membungkuk), ketika berdiri pertahankan punggung agar tetap tegak.

No comments: