Friday 30 August 2013

Luka Bakar


Luka bakar merupakan salah satu jenis luka yang paling sering dialami oleh setiap orang, terutama anak-anak, dan menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada anak-anak, setelah kecelakan. Derajatnya berbeda-beda, dari luka bakar yang paling ringan yaitu akibat sengatan matahari, hingga yang terberat dan bisa menyebabkan kematian.

Luka bakar yaitu luka yang disebabkan oleh suhu tinggi dapat disebabkan oleh banyak faktor, yaitu fisik seperti api, air panas, listrik seperti kabel listrik yang terbuka, petir atau bahan kimiawi seperti asam atau basa kuat.

Gejala yang ditimbulkan tergantung pada berat-ringannya luka bakar yang terjadi. Dari hanya menimbulkan kemerahan di kulit, melepuh, hingga menyebabkan kerusakan parah pada jaringan kulit. Rasa nyeri terjadi bila ada kerusakan pada bagian luar kulit, tapi bila kerusakannya lebih berat justru rasa nyeri itu tidak timbul. Ini dikarenakan sel-sel saraf yang menghantarkan rasa nyeri ke otak, rusak terbakar.

Pertama kali yang harus kita lakukan bila terjadi luka bakar adalah daerah kulit yang mengalami luka bakar kita siram dengan air dingin yang mengalir sekurangnya dalam sepuluh menit. Bila luka disebabkan karena bahan kimia, sebaiknya kita cuci hingga 20 menit. Bila luka bakarnya ringan, dapat kita rawat sendiri di rumah dengan mengoleskan salep luka bakar dan obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri. Luka harus dijaga tetap bersih karena mudah sekali terkena infeksi. Bila luka bakar tersebut berat atau mengenai daerah wajah, tangan, persendian atau daerah kelamin, harus segera di bawa ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Luka bakar yang berat umumnya membutuhkan perawatan yang lama, mungkin memerlukan bedah kosmetik untuk menghilangkan bekas luka dan rehabilitasi pada persendian yang sulit digerakkan.

No comments: