Wednesday 31 July 2013

Tips Memberikan Makanan Pendamping pada Si Kecil


Jika ibu sudah mulai memberikan makanan pendamping ASI/formula, maka ada beberapa hal penting yang perlu ibu perhatikan:
  1. Mulailah dengan memberikan 1 hingga 2 sendok teh tepung beras untuk bayi atau separuh biskuit bayi yang dicampur dengan ASI/formula.
  2. Berikan pada saat bayi terjaga (sebelum atau setelah pemberian ASI/formula).
  3. Gunakan sendok plastik untuk bayi.
  4. Pastikan bahwa bayi berada pada posisi duduk, di pangkuan ibu atau di tempat duduk bayi.
  5. Secara perlahan, tingkatkan pemberian makanan setengah padat/makanan padat, dari 1 kali menjadi 2 atau 3 kali sehari.
  6. Secara perlahan, tingkatkan pula jumlah yang diberikan (dari 1 hingga 2 sendok teh menjadi 3 hingga 4 sendok teh tepung beras atau dari separuh biskuit menjadi satu keping biskuit).
  7. Perkenalkan berbagai rasa, termasuk buah, sayur dan daging. Mulailah dengan pemberian makanan yang kecil kemungkinannya bisa menimbulkan alergi.
  8. Secara perlahan, tingkatkan kekentalan makanan yang diberikan dengan mengurangi cairan yang ditambahkan.
  9. Tingkatkan variasi makanan untuk mendorong penerimaan yang baik (5 hingga 7 bulan adalah kesempatan yang baik untuk mengembangkan cita rasa serta penerimaan terhadap makanan).
  10. Jika sudah mulai bisa menggenggam, biarkan si kecil memegang sendiri biskuitnya. Hal ini bisa melatih bayi untuk makan sendiri, juga akan membantu mengembangkan motorik halus bayi (memasukkan makanan ke dalam mulut) dan membantu merangsang pertumbuhan gigi.
  11. Ciptakan suasana makan yang perlu suka cita, jangan memaksa si kecil untuk menghabiskan makanan yang sudah Ibu racik karena hal ini bisa menimbulkan trauma psikis di kemudian hari sehingga bayi menjadi "tidak suka makan".

No comments: