Wednesday 31 July 2013

Perawatan Payudara Selama Kehamilan


Perawatan payudara selama kehamilan adalah salah satu bagian penting yang harus Anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya. Saat hamil, payudara akan membesar dan daerah sekitar puting payudara akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitif. Semua itu terjadi sebagai persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya kelak.

Beberapa tips perawatan payudara selama kehamilan adalah sebagai berikut:
  1. Bila bra Anda sudah mulai terasa sempit, sebaiknya mengantinya dengan bra yang pas dan sesuai dengan ukuran anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara Anda.
  2. Bila Anda berencana untuk menyusui, Anda dapat memulai menggunakan bra untuk menyusui pada akhir kehamilan Anda.
  3. Pilihlah bra yang ukurannya sesuai dengan ukuran payudara Anda. Pemakaian bra dengan ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran payudara dapat menyebabkan infeksi, seperti mastitis (yaitu suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).
  4. Persiapkan puting susu Anda. Dengan lembut, putar puting antara telunjuk dan ibu jari Anda sekitar 10 detik sewaktu Anda mandi. Jika Anda mendapatkan kesulitan atau puting susu Anda rata atau masuk ke dalam, konsultasikanlah ke dokter sehingga hal itu dapat segera diatasi untuk mencegah adanya kesulitan nantinya.
  5. Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara di daerah yang berwarna gelap (aerola) dan puting susu. Anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum (yaitu cairan kental bewarna kekuningan dari puting) untuk membantu membuka saluran susu.
  6. Bersihkan payudara dan puting. Jangan mengunakan sabun di daerah puting karena dapat menyebabkan daerah tersebut kering. Gunakan air saja, lalu keringkan dengan handuk.

No comments: