Wednesday 31 July 2013

Infeksi Saluran Kemih


Bila Anda pernah merasakan nyeri saat buang air kecil, sebentar-bentar ingin ke kamar kecil, mungkin Anda menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK).

ISK adalah infeksi yang mengenai sistim berkemih yang dimulai dari ginjal hingga uretra yaitu saluran tempat keluarnya air seni. Hampir sebagian besar penyebab terjadinya ISK ini disebabkan oleh kuman atau bakteri, terutama jenis E. Coli. Bakteri ini sebenarnya secara normal dapat kita temukan di usus saluran pencernaan kita dan daerah dubur (anus).

Wanita lebih sering mengalaminya, ISK ini dapat juga dialami sejak usia masih dini. Wanita lebih mudah mengalami ISK disebabkan karena saluran uretranya yang jauh lebih pendek dibandingkan pria, sehingga kuman akan mudah masuk ke dalam saluran kemihnya.

Gejala yang dapat ditemukan antara lain demam, menggigil, rasa nyeri saat berkemih, keinginan untuk sering berkemih, sering berkemih tapi air seni yang keluar hanya sedikit, nyeri pada bagian perut bawah dan kadang dapat disertai rasa mual. Pada anak-anak yang masih kecil, jarang ditemukan gejala yang khas, hanya mungkin ditemukan sedikit demam, rewel, mual dan mungkin juga diare.

Bila menemukan gejala-gejala seperti yang disebut diatas, sebaiknya cepatlah berobat ke dokter. Untuk memastikan, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium air seni untuk melihat kuman atau sel darah putih di dalamnya. Pengobatannya dengan diberikan antibiotika dan mengonsumsi banyak cairan untuk 'membilas' saluran kemih.

No comments: