Thursday 29 December 2011

Tips Menjaga Anak Tetap Sehat

Kecenderungan anak mempunyai pola hidup tidak sehat semakin meningkat. Kegemukan, olahraga yang kurang, makanan yang tidak sehat, merokok menjadikan anak berisiko untuk mengalami penyakit jantung dan stroke, yang dapat terjadi dalam usia yang muda.

Makanan
Orangtua sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan baik, karena perilaku makan si kecil akan mengacu pada orangtuanya. Konsumsilah makanan yang sehat dengan diet yang seimbang dan porsi makan yang disesuaikan dengan asupan energi yang diperlukan. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi konsumsi lemak. Dan yang jangan dilupakan, yaitu mengatur pemakaian garam dalam makanan dan gula yang berlebihan seperti pada minuman ringan, ataupun makanan kecil yang terlalu manis.

Merokok
Berilah pengertian kepada mereka akan bahaya merokok pada kesehatan. Tentu saja, jangan mengharapkan anak untuk tidak merokok bila orangtuanya juga merokok. Semakin muda anak merokok, semakin besar risiko penyakit yang akan timbul.

Berolahraga
Ajaklah si kecil untuk berolahraga, paling tidak 60 menit sehari dan dukunglah dia untuk ikut bergabung dengan kelompok olahraga yang ada. Anak yang kurang beraktifitas berisiko dua kali lipat untuk menjadi gemuk dan meningkatkan risiko untuk menderita penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Berat Badan
Sekarang bukan zamannya lagi, orangtua memberikan banyak makanan agar anaknya menjadi gemuk. Karena anak yang gemuk akan berisiko untuk menderita sejumlah penyakit.

Air Susu Ibu
Pemberian ASI hingga 6 bulan pertama, akan membuat si kecil tidak mudah terserang penyakit pada saat dewasanya.

No comments: