Thursday 29 December 2011

Tempat Bermain yang Aman untuk Si Kecil

Bermain adalah perangsang anak untuk menyelidiki dunianya, dan selain melengkapi anak dengan berbagai mainan dan kegiatan, perlu juga tersedia tempat untuk menikmatinya.

Tempat bermain anak bisa di mana saja. Asalkan memenuhi syarat, si kecil akan senang bermain di tempat yang Anda sediakan. Apa saja syaratnya?

Sesuai Kebutuhan dan Aman

Idealnya, tempat untuk bermain adalah tempat yang cukup luas serta dapat memenuhi kebutuhan anak untuk bermain sesuai jenis permainannya. Sehingga anak dapat bermain sekaligus mengoptimalkan perkembangannya baik fisik, emosi, intelektual, bahasa maupun sosial.

Tetapi tempat ini tidak harus berarti dirancang khusus dan dilengkapi peralatan mahal. Cukup diusahakan agar tempat tersebut membangkitkan semangat seorang anak untuk bermain. Tempat in harus selalu bersih, bebas dari segala benda, mainan dan hal-hal lain yang dapat membahayakan keselamatan anak. Misalnya, tempat itu mempunyai permukaan yang datar dan cukup empuk, melindungi anak dari cuaca yang tidak bersahabat, tidak terdapat ujung-ujung yang tajam serta tidak dilapisi cat yang mengandung racun.

Di dalam dan Di luar Rumah

Di dalam rumah adalah tempat bermain yang paling sering digunakan balita. Kamar tidur anak atau salah satu pojok rumah yang memenuhi syarat dapat digunakan. Jangan lupa sediakan tempat mainan yang mudah dijangkau, sehingga anak dapat mengambil maupun menyimpannya kembali dengan mudah. Jauhkan benda-benda yang berbahaya, tempat sampah, tempat obat, kompor, benda-benda yang menggunakan listrik terutama stop kontak.

Bermain di luar rumah sebagai variasi permainan yang aktif seperti berlari, melompat dan memanjat perlu juga dilakukan. Di tempat ini anak dapat mengekspresikan dirinya dengan perasaan lepas, bebas sekaligus mengasah ketrampilan fisik, koordinasi otot serta seluruh inderanya. Pastikan tempat itu tidak ada puing, pecahan kaca, benda-benda atau barang-barang yang potensial menimbulkan bahaya.

No comments: