Thursday 30 September 2010

TMS atasi Depresi

Faktor lingkungan hingga kepribadian memiliki andil menyebabkan seseorang mengalami depresi.

Dunia medis terus menerus mencari cara untuk mengangani depresi. Depresi ang parah dapat mengganggu aktivitas seseorang. Terapi anti depresi yang ada sekarang ini dianggap gagal untuk meredakan depresi bagi sepertiga penderitanya.

Salah satu penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat menemukan terobosan baru. TMS (Transcranial Magnetik Stimulation) merupakan teknik pengobatan luar tubuh yang merangsang syaraf-syaraf dalam otak dengan tekanan magnetik melalui kulit kepala. Merupakan cara pengobatan yang aman dan efektif, tanpa menggunakan obat-obatan bagi penderita depresi. Beberapa penemuan kecil telah menunjukkan TMS efektif dalam menangani depresi.

Setelah 4 hingga 6 minggu penggunaan TMS dalam perawatan 325 pasien dengan kelainan depresi parah yang tidak dapat ditanggulangi dengan perawatan anti depresi lainnya, tingkat respon dan pemulihan dengan menggunakan TMS aktif 2 kali lebih baik dibanding mereka yang menjalankan TMS palsu.

TMS aktif dikaitkan dengan kemajuan pesat terhadap gejala depresi dan tingkat keparahan yang telah disepakati para dokter secara global. Perubahan jelas terlihat dalam suasana hati serta perasaan pasien secara keseluruhan.

No comments: