Thursday 30 September 2010

Penyembuhan dan Jenis-Jenis Varises

Varises ringan dapat disembuhkan oleh obat-obatan, menggunakan kaus kaki (stoking) khusus, dan berolahraga untuk membantu menguatkan otot kaki. Stoking khusus dipergunakan untuk mencegah terjadinya pendarahan dan lebam.

Varises ringan juga dapat diobati dengan teknik suntikan yang disebut skleroterapi. Caranya dengan menyuntikkan zat yang dapat mengecilkan dan merusak vena sehingga aliran tersumbat sepenuhnya. Aliran darah tersebut akan dialihkan ke vena lain yang sehat. Terapi ini cukup efektif mengatasi varises tahap awal. Namun ada efek samping yang sulit dihindari, seperti terbentuknya varises baru, dan luka suntikan membekas.

Jika suntikan tidak dapat dilakukan karena varises yang diderita parah, perlu dilakukan stripping (proses pembedahan). Vena diikat / seluruh vena yang rusak diangkat, dan kaki dibebat erat. Resiko tindakan ini adalah terjadinya lebam dan terbentuknya varises baru. Pembengkakan kaki dapat berlangsung dalam 6 hingga 8 minggu.

Jenis-jenis varises:

1. Varises yang tergolong ringan
Disebut sebagai spider navy. Umumnya terjadi akibat suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, terkena sinar matahari secara terus menerus, sedang hamil, faktor keturunan, kebiasaan makan pedas, dan pengobatan hormonal. Spider navy bisa muncul pada wajah, pangkal lengan, paha, dan daerah lutut, atau pergelangan kaki dan tumit. Terapi yang digunakan adalah menggunakan sinar laser, sehingga pembuluh darah mengering. Ada juga terapi dengan bantuan alat listrik untuk memasukkan zat tertentu ke dalam kulit. Bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah.
2. Varises dalam kulit
Varises ini terjadi pada pembuluh darah vena yang halus dan tipis di dalam kulilt bagian kaki. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat-obatan yang dapat menguatkan dinding vena dan memperlancar aliran darah. Atau penderita disarankan menggunakan kaus kaki (stoking) khusus yang berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena dapat bekerja kembali dengan maksimal. Kaus kaki (stoking) mampu mencegah, mengurangi gejala awal, dan rasa sakit untuk sementara. Oleh karena itu penderita harus tetap mengkonsumsi obat.
3. Reticular varicose veins
Merupakan varises yang cukup parah karena terjadi di pembuluh darah vena bawah kulit. Dokter akan melakukan beberapa tahap pengobatan, mulai dari pemberian obat yang berfungsi menguatkan dinding vena, melancarkan peredaran darah, sehingga diperlukan menggunakan stoking khusus. Penderita juga dianjurkan untuk berolahraga untuk melatih otot kaki seperti berjalan dan berenang. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan hak tinggi.
4. Varises kronis
Varises ini akan memperlihatkan pembuluh darah yang berkelok-kelok pada betis. Jika terapi suntik tidak memberikan hasil, maka harus dilakukan pembedahan untuk memotong pembuluh darah vena yang rusak, sehingga aliran darah dapat kembali berjalan normal. Ada berbagai obat yang harus diminum untuk menguatkan dinding vena dan melancarkan peredaran darah, juga menggunakan stoking khusus dalam beraktivitas. Berolahragalah dan hindari mengenakan sepatu berhak tinggi.

No comments: