Thursday 30 September 2010

Pengasuh Anak

Langkah awal adalah mencari pengasuh dari agen yang memiliki reputasi baik. Setelah itu, tanyakan kepada agen Anda tentang beberapa pengetahuan dasar tentang diri si pengasuh.

1. Pastikan orang yang akan menjaga anak Anda itu punya keterampilan yang baik dalam merawat anak.
2. Kalau pengasuh bersangkutan pernah mengikuti kursus keterampilan sejenis plus pengalaman yang cukup banyak dalam hal ini tentu bagus sekali.
3. Akan lebih baik kalau sang pengasuh memang menyukai anak-anak. Selain itu, pengasuh yang berusia dewasa antara 25 hingga 35 tahun biasanya lebih sabar dan telatan menjaga anak dibanding yang masih remaja.
4. Anda tidak mau anak Anda ditelantarkan hanya karena sang pengasuh asyik bertelepon-ria dengan temannya bukan?
5. Selain dari agen, rekomendasi dari teman atau saudara juga bisa dijadikan referensi untuk mencari pengasuh yang baik.
6. Atau jika Anda mengetahui ada tetangga Anda yang sedang membutuhkan keperjaan dan Anda tahu betul orang itu pandai mengasuh anak, tak ada salahnya dicoba kan.
7. Jangan biarkan terjalin hanya komunikasi "ya Bu" antara Anda dan sang pengasuh.
8. Menempatkan Anda sebagai atasan memang perlu. Namun sesekali, ajaklah pengasuh Anda ngobrol-ngobrol santai tentang apa yang terjadi pada anak Anda sehari-hari.
9. Jangan bertanya, tapi ajaklah pengasuh Anda berdiskusi seperti antarteman. Hal ini akan membuat pengasuh Anda merasa lebih santai.
10. Katakanlah dengan jelas dan detil perintah-perintah yang ingin Anda sampaikan pada pengasuh. Karena, belum tentu sang pengasuh punya daya tangkap yang baik.

No comments: