Thursday 30 September 2010

Ragam Kepribadian

Pemahaman terhadap diri sendiri dapat menimbulkan pemahaman terhadap pribadi lain. Dengan demikian, kita dapat lebih tenang dalam menghadapi perbedaan. Setiap pribadi adalah unik. Namun meskipun demikian, secara umum terdapat pola yang cenderung sama dalam beberapa hal. Oleh karena itu dalam sejarah psikologi, usaha penggambaran kepribadian dilengkapi dengan gambaran berdasarkan tipe kepribadian dengan kekuatan dan keterbatasannya.

Beberapa ragam kepribadian:

1. Extrovert
Seseorang extrovert memiliki kepribadian terbuka, menampilkan diri apa adanya.
2. Introvert
Seseorang introvert memiliki kepribadian tertutup, mengungkapkan diri secara bertahap.
3. Sensing
Memiliki kepekaan indrawi, sensing segera mengenali keadaan sekitarnya jauh sebelum orang lain dapat merasakannya.
4. Intuitive
Seseorangintuitive lebih banyak memperhatikan masa akan datang dibandingkan dengan masa sekarang. Tidak tenang dengan kehadirannya di masa kini, terpusat pada kemungkinan dan konsekuensi dari apa yang terjadi kini. Seseorang intutuitive adalah perencana yang memimpikan segalanya berubah menjadi lebih baik, dan cenderung melihat segala sesuatunya secara keseluruhan.
5. Feeling
Mengambil informasi dan keputusan berdasarkan pertimbangan perasaan pribadi dan orang lain. Keputusan yang diambil berdasarkan perasaan pribadi dan orang yang hadir. Pendapat orang yang tidak hadir kurang diperhatikan, karena ingin menjaga perasaan yang hadir. Keputusan yang diambil cenderung tidak objektif, karena emosi mendominasi pengambilan keputusan.
6. Thinking
Memanfaatkan informasi yang diperoleh dengan intuisi atau panca indera untuk mengambil keputusan berdasarkan hukum yang rasional. Namun cenderung tidak sensitif terhadap dampak keputusan terhadap perasaan orang lain. mumnya seseorang yang pemikir memiliki kemampuan untuk meramalkan permasalahan yang akan muncul.
7. Perceiving / pengamat
Menikmati hidup, tidak terlalu peduli dengan pembagian waktu dan tata tertib yang berlaku. Puas dengan apa yang terjadi, senang menyerap informasi melalui kelima indera atau melalui implikasi (kemungkinan yang akan datang).
8. Judging / penilai
Mereka tahu apa yang harus dikerjakan dan kapan waktunya. Menyukai jadwal dan aturan. Segala sesuatu yang terjadi dengan mendadak dapat mengacaukan tipe ini. Selain itu tipe ini suka segala sesuatu berada pada tempatnya.

No comments: