Thursday 30 September 2010

Biarkan Buku Buku Jari Berbunyi

Kebiasaan membunyikan alias menggemeretakkan buku-buku jari seringkali sulit ditinggalkan. Namun saat melakukannya mungkin akan was-was terhadap dampaknya pada kesehatan.

Fakta mengenai buku-buku jari ini telah dibuktikan oleh penelitian dari Dr Tyler Cymet dari Johns Hopkins University, Baltimore, AS. Penelitian yang dilakukannya terhadap 100 pria dan wanita berusia rata-rata 59 thn ini berhasil menguak fakta tentang kasus osteoarthritis alias rematik ternyata justru jauh lebih banyak muncul kasus rematik pada yang tidak pernah membunyikan buku-buku jarinya.

Sebaliknya yang sering membunyikan buku-buku jari akan lebih jarang mengalami osteoarthritis. Membunyikan buku-buku jari sebenarnya bisa disamakan dengan stretching atau peregangan.

Pola membunyikan buku-buku jari ini dijumpai berkaitan dengan usia, karena yang memiliki kebiasaan membunyikan buku-buku jari adalah berumur antara usia 18-45 tahun, kemudian berhenti.

Kesimpulannya agar tidak kehilangan kemampuan untuk menggunakan persendian, dapat memulai kebiasaan menggemeretakkan buku-buku jarinya untuk membantu melindungi persendian.

No comments: