Saturday 31 July 2010

Tulang Kuat Dan Jantung Sehat

Ada berbagai faktor risiko yang berperan meningkatkan jumlah penderita penyakit kardiovaskuler, terutama akibat gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, kelebihan berat badan, stres, serta berbagai penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko yang terkait erat dengan pola makan kaya lemak, gula dan garam, serta gaya hidup yang cenderung kurang melakukan aktivitas fisik.Ingin tulang dan jantung sehat berkut tipsnya:

Mempertahankan dan meningkatkan kekuatan tulang serta kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup. Kalsium adalah salah satu mineral utama dalam tulang kita. Makanan sumber kalsium adalah susu dan olahannya (misalnya keju, yogur). Untuk mengetahui apakah kebutuhan kalsium anda telah terpengaruh atau belum,anda dapat melihat pada label.

Selain kalsium, zat gizi lain yang dibutuhkan untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah omega 3. menurut penelitian di tuft university,Amerika serikat, omega 3 dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Keduanya merupakan asam lemak yang penting dalam metabolisme enzim.karena itu rasio omega -6 dan omega-3 akan secara signifikan mempengaruhi hormon dan akan mengubah fungsi metabolisme tubuh. Asupan omega 3 dan omega 6 bisa diperoleh dari sumber utamanya,yaitu ikan laut dalam (contoh: salmon). Padahal biasanya masyarakat kita jarang mengonsumsi bahan makanan seperti itu.

Zat lain yang penting dikonsumsi adalah antioksidan, yaitu molekul yang dapat mencegah atau memperlambat proses oksidan molekul lainnya. oksidasi merupakan reaksi kimia yang menghasilkan radikal bebas. Radikal ini akan memulai sesuatu reaksi berantai yang merusak sel-sel tubuh. Antioksidan dapat mencegah terjadinya reaksi berantai ini dengan membuang zat-zat perantara dan mencegah oksidasi berikutnya. Menurut American journal of clinical Nutrition, pola makan yang tinggi antioksidan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta kematian pada wanita hingga 10-22%.

Berolahraga penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan jantung. Menurut penelitian, hanya 9% dari keseluruhan penduduk indonesia yang rutin melakukan olahraga. Padahal data WHO menunjukkan bahwa 43% penyakit di dunia ini disebabkan salah satunya oleh kurang gerak.

Secara umum kita dianjurkan untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya, atau tiga kali seminggu dengan intensitas satu jam. Olahraga yang bermanfaat untuk tulang dan jantung sekaligus adalah kombinasi dari olahraga aerobik (joging, bersepeda) dengan olahraga angkat beban ringan.

No comments: