Saturday 31 July 2010

Kapan Menopause Tiba?

Kapan seorang wanita akan memasuki masa menopause?. Masa ini sulit diduga kapan datangnya, tapi kini para ahli di Scotlandia telah mengembangkan metode untuk memprediksi kapan menopause akan tiba.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengukur volume indung telur yang ada pada seorang wanita atau berapa banyak sel telur yang masih tersisa dengan menggunakan alat ultrasono, pada seorang wanita usia reproduktif, 25 - 51 tahun.

Dari pengukuran ultrasono akan terlihat berapa volume dari indung telur. Jika seorang wanita mempunyai indung telur lebih besar dari usianya, maka kemungkinan ia akan mempunyai waktu yang lebih lama sebelum mencapai masa menopause. Bila menghitung berapa sisa sel telur yang masih ada, dapat diketahui berapa tahun lagi sebelum masa menopause akan dicapai.

Tapi metode ini tidak berlaku bagi wanita yang menggunakan pil KB karena pil KB akan menciutkan indung telur. Demikian juga halnya pada wanita yang menderita sindroma polikistik ovarium, karena kelainan ini menyebabkan terjadinya infertilitas (mandul).

Wanita dilahirkan dengan total sekitar 800.000 sel telur dan jumlah ini akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia. Pada saat usia mencapai sekitar usia 37 tahun, dengan sel telur yang masih tersisa sekitar 25.000, terjadi penurunan sel telur yang semakin cepat dan indung telur akan menyusut hingga seluruh telur habis dan masa menopause tiba.

Wanita biasanya mencapai masa menopause pada usia 50 tahun, dengan lebih kurang 7 atau 8 tahun. Dengan mengetahui masa reproduksi yang tersisa, dapat membantu pasangan yang ingin mempunyai anak tapi sulit hamil. Bila masa subur masih lama, sebaiknya mencoba untuk hamil secara alami. Tapi bila masa menopause sudah dekat, dan sel telur yang tersisa tinggal sedikit, mungkin dapat dicoba menggunakan metode bayi tabung.

Sumber: The journal Human Reproduction

No comments: