Saturday 31 July 2010

Tips Mencegah Varises pada Tungkai

Gambaran 'cacing' yang menonjol di bawah permukaan kulit, berwarna kebiru-biruan, pada bagian belakang tungkai, dikenal dengan sebutan varises, memang bukan sesuatu yang indah untuk dilihat. Untuk beberapa orang, terutama kaum wanita, ini merupakan masalah kosmetika. Sedang untuk lainnya, varises menimbulkan masalah nyeri dan ketidak-nyamanan, yang dapat menjadi tanda terjadinya masalah gangguan sirkulasi darah.
Varises merupakan suatu keadaan dimana terjadi pelebaran pada pembuluh balik (vena), yang disebabkan karena fungsi dari klep atau katup pada vena tersebut memburuk.

Vena yang normal dengan klep yang baik akan membuat darah mengalir dengan lancar menuju jantung. Tapi pada keadaan varises, klep ini bekerja tidak baik, sehingga sebagian darah akan tetap ada pada pembuluh darah vena. Hal ini yang lama kelamaan akan membuat vena melebar.

Gejala yang sering ditimbulkan akibat varises ini antara lain rasa nyeri pada tungkai, terlihat pembuluh darah vena yang melebar dan sedikit pembengkakan pada daerah pergelangan kaki.

Bagaimana cara untuk mencegah varises ini? The American Institute of Preventive Medicine memberikan tips-tips yang dapat membantu mencegah terjadinya varises pada tungkai, yaitu dengan:

1. Berolahraga terutama dengan berjalan kaki, secara teratur. Ini akan memperkuat kaki dan pembuluh darah vena yang ada di tungkai kita.
2. Jangan menyilangkan kaki saat duduk.
3. Jaga berat badan tetap ideal.
4. Gunakan kaus kaki elastik (stocking), yang dapat menyokong bagian tungkai dengan baik.
5. Tinggikan posisi tungkai saat beristirahat.
6. Hindari berdiri terlalu lama. Jika karena suatu keadaan mengharuskan kita berdiri lama, topanglah berat badan dari satu kaki ke kaki lain setiap beberapa menit sekali.
7. Jangan mengenakan celana atau pakaian dalam yang ketat sehingga akan menekan vena pada daerah pinggang, pangkal paha atau tungkai. Ini dapat menyebabkan aliran balik dari pembuluh darah vena, menjadi terhambat.
8. Konsumsi makanan berserat tinggi seperti sereal, sayur dan buah karena sembelit dapat membantu terjadinya varises.
9. Saat sedang mengendarai kendaraan dalam waktu lama, berhentilah setiap 45 menit untuk melancarkan aliran darah tungkai dengan berjalan kaki sejenak.

No comments: