Saturday 31 July 2010

Stem Cell

Stem cell berarti menyimpan sel induk (sel cikal bakal makhluk hidup yang berasal dari sel sperma dan sel telur) dari darah tali pusat. Sel induk ini paling efektif untuk mengobati pemilik darah tali pusat itu sendiri, serta orang-orang yang satu generasi dengannya.

Yang perlu menyimpan

Terutama pasangan yang beresiko tinggi punya kelainan genetik yang sulit diobati, seperti leukemia, limfoma dan thalassemia. Karena, sel induk bisa dikembangkan menjadi sel jenis apapun yang diperlukan tubuh sesuai intruksi. Jadi, kalau semuanya normal, atau 3 generasi baik-baik saja, tak perlu stem cell.

Cara mengambilnya

Darah diambil dari tali pusat setelah dipotong saat bayi lahir. Sebelum plasenta keluar, darah yang berada di tali pusat di tampung kedalam kantong. Seperti halnya kalau mau mendonorkan darah.

Berapa banyak yang disimpan?

Jumlah yang diharapkan lebih dari 100cc.

Sampai kapan disimpan?

Tergantung perjanjian dengan provider. Bisa 16 tahun atau 18 tahun saat anak sudah dianggap dapat memutuskan akan diapakan darah stem cell-nya itu. Bisa juga disimpan lama dengan syarat tempat penympanan darah itu suhu stabil.

Perlu dicermati sebelum memutuskan menyimpan sel induk. Di indonesia belum ada agennya, yang ada adalah representative agent atau wakil agennya.

1. Tanyakan letak bank darahnya.
2. Baca peraturan-peraturan yang mengikat (dapat di- down load di internet).
3. Tanyakan, di mana materi itu bisa di ambil bila akan dilakukan pengobatan di Indonesia.

Kapan harus mencari representative agent?

Sebelum persalinan atau sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke-38, diskusikan dengan pasangan. Anda harus yakin akan manfaatnya.

Bagaimana cara memilih representative agent?

Representative agent yang beredar di Indonesia adalah atas nama private company di malaysia dan singapura, sehingga keuntungan finansial merupakan hal sangat penting. Jika perlu, bertanyalah pada orang yang berpengalaman.

Beberapa hal ini juga untuk dipertimbangkan :

1. Harga. Pikirkan dengan matang, karena menyimpan darah tali pusat tidak murah.
2. Lokasi. Pilih yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal.
3. Reputasi. Hal ini bisa dinyatakan di American Association of Blood Banks.

No comments: