Saturday 31 July 2010

Bagaimanakah Menghadapi Menopause?

Setiap manusia tentu akan mengalami masa tua, dimana tubuh akan mengalami penurunan secara fisik maupun psikis. Pada masa ini, tubuh sangat rentan untuk terkena berbagai serangan penyakit. Oleh sebab itu, diperlukan persiapan khusus untuk menghadapi masa tua. Asupan gizi yang seimbang sangat diperlukan untuk menghadapi masa tua. Selain itu, rajin melakukan aktivitas fisik (olahraga) juga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran.

Pada kaum wanita, salah satu gejala yang akan terjadi pada masa tua adalah menopause. Ketika menopause tiba, siklus haid akan berhenti karena adanya faktor hormonal. Kondisi itu perlu disikapi dengan bijaksana. Sebab jika tidak, berbagai penyakit akan datang mengancam, terutama keropos tulang atau osteoporosis.

Masa menopause merupakan masa dimana indung telur mengalami penurunan fungsi sehingga kadar hormon estrogen (hormon utama pada wanita) menjadi rendah. Masa menopause umumnya terjadi mulai usia 40 tahun. Rendahnya kadar hormon estrogen akan memberikan pengaruh nyata pada wanita, baik secara fisik maupun psikis.

Masa menopause ditandai dengan munculnya berbagai gejala, seperti keluhan vasomotor (yang berhubungan dengan pembuluh darah), atrofi urogenital (penipisan mukosa vagina), depresi, dan sakit kepala. Ada juga gejala menopause lainnya yang timbul karena rendahnya hormon estrogen, seperti kulit kering dan keriput, payudara kendur, timbunan lemak (terutama di pinggul), gangguan mood, serta penurunan libido.

Dalam jangka panjang, menopause dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan osteoporosis. Bahkan data American Heart Association menunjukkan bahwa satu dari sembilan orang berusia 45-60 tahun terkena penyakit jantung koroner. Sedangkan pada usia di atas 60 tahun, satu dari tiga wanita terkena penyakit jantung koroner. Angka kematian wanita akibat penyakit jantung koroner cukup tinggi, yaitu sekitar 50%. Di Amerika, kematian akibat penyakit jantung koroner adalah 10 kali lipat dibandingkan akibat kanker payudara.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan oleh kaum wanita pada saat menopause, yaitu:

1. Menjaga vitalitas tubuh, dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Selain itu, menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi
2. Berolahraga secara teratur agar tubuh tetap segar dan bugar, karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dan membantu menghilangkan antioksidan di dalam tubuh
3. Jenis olahraga yang bisa dilakukan pada saat menopause yaitu jalan cepat dan senam. Bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun, dianjurkan untuk melakukan senam aerobik dan senam osteoporosis
4. Berpikir positif. Wanita yang baru saja memasuki masa menopause biasanya sering mengalami kegalauan dan kegelisahan. Mereka sering merasa sudah tidak cantik dan menarik lagi sehingga takut ditinggalkan oleh suami dan sebagainya. Ketakutan semacam itu justru akan semakin memperburuk keadaan sebab pikiran negatif akan menimbulkan hal yang negatif pula.

No comments: