Tuesday 29 June 2010

Tips Ketika Mengunjungi Dokter

Terkadang kita merasa tidak puas setelah kunjungan ke dokter. Merasa bahwa tidak mendapatkan informasi yang cukup, bingung akan informasi yang diberikan, atau berharap bisa menanyakan lebih banyak pertanyaan namun sering lupa dengan apa yang ingin ditanyakan.
Berikut ini adalah tips-tips ketika kita mengunjungi dokter:

1. Membuat daftar gejala-gejala yang Anda rasakan untuk kemudian didiskusikan dengan dokter Anda.
2. Ajukan pertanyaan-pertanyaan dengan jelas pada awal Anda berkunjung, agar dokter Anda mengetahui dan memiliki gambaran yang cukup tentang keadaan Anda.
3. Jelaskan secara spesifik tetang keadaan Anda dan gejala-gejalanya dan batasi pembicaraan Anda sesuai dengan atau hanya yang berhubungan dengan persoalan kesehatan Anda. Anda juga harus ingat bahwa banyak pasien lain yang menunggu di luar sana, yang juga membutuhkan dokter.
4. Jujur dan tidak perlu malu dengan setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Dokter Anda tidak akan mendapatkan gambaran yang cukup jika Anda menutup-nutupi sesuatu tentang keadaan Anda.
5. Katakan kepada dokter Anda jika Anda mempunyai alergi terhadap obat-obatan tetentu.
6. Ketika berkunjung ke dokter jangan membicarakan masalah lainnya seperti keluhan terhadap staf dokter, jam kerja, atau susahnya membuat perjanjian. Perlu diingat bahwa Anda berkunjung ke dokter untuk membicarakan tentang kesehatan Anda, bukan masalah lainnya.
7. Tepati waktu berkunjung Anda sesuai dengan perjanjian jadwal dan usahakan jangan telat. Jika Anda ingin membatalkan, sebaiknya Anda memberitahukan minimal 24 jam sebelumnya.
8. Tersenyumlah. Ingat, dokter juga manusia, tidak ada salahnya membina hubungan baik dengan dokter Anda.

No comments: