Tuesday 29 June 2010

Tabir Surya Perisai Kulit

Selain pelembap, produk perawatan lain yang diperlukan untuk mencegah penuaan dini adalah tabir surya atau sun screen. Meski sebenarnya tubuh telah dilengkapi dengan sistem pertahanan seperti lapisan tanduk, melanin, dan antioksidan, tapi pada tingkat radiasi tinggi, mekanisme proteksi ini dapat dilampaui sehingga perlu ditambahkan pelindung dari luar. Selain pakaian, sistem pertahanan buatan dari luar yang paling efektif ialah dengan menggunakan tabir surya.

Karena berada di daerah tropis dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, krim tabir surya dapat digunakan setiap hari. Krim yang baik mengandung SPF (Sun Protective Factor) tinggi, mudah diperoleh, dan tidak menyebabkan alergi.

Bila body lotion disebutkan mengandung SPF-15 berarti krim tersebut akan meneruskan sinar matahari seperlima belas saja. Sebaliknya krim dengan SPF-60 hanya akan meneruskan seperenam puluh sinar matahari ke kulit kita. Jadi, semakin besar nilai SPF, maka semakin efektif fungsinya sebagai tabir matahari.

Orang yang menggunakan SPF-30 jika berjemur selama 60 menit sama artinya dengan berjemur tanpa sun screen selama 2 menit. Jika mengoleskan SPF-15 sama dengan berjemur selama 4 menit. Karena itu, dianjurkan mereka yang hanya kadang-kadang berada di bawah terik matahari bisa menggunakan SPF 15-30. Sedangkan yang lebih sering terkena matahari lebih baik menggunakan SPF-60 atau lebih.

Krim tabir surya dapat dioleskan di seluruh bagian tubuh yang terbuka, terutama wajah, tapi jangan sampai terkena bagian mata. Krim ini pun dapat digunakan setiap pagi sebagai alas bedak.

Penanganan penuaan dini tidak memberikan hasil yang maksimal jika hanya faktor eksternal yang diatasi. Dianjurkan agar kita menjaga kesehatan dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi. Dengan gizi yang cukup, vitamin yang diperoleh tubuh juga akan cukup sehingga proses penuaan diperlambat.

Buah dan sayur adalah jenis makanan sehari-hari yang baik bagi kulit karena mengandung zat antioksidan. Hindari konsumsi daging yang berlebihan karena akan mengakibatkan oksidasi terlalu banyak, sisa pembakarannya pun banyak.

Bila makanan yang dikonsumsi dirasa masih kurang mengandung zat antioksidan (seperti vitamin A, C, E, dan melatonin), bisa saja kita mengonsumsi suplemen antioksidan. Selain itu, rahasia lain untuk menjaga kesegaran kulit adalah dengan minum.

No comments: