Tuesday 29 June 2010

Orangtua Untuk Pra-Remaja

Menjelang masa remaja merupakan masa yang relatif penuh tantangan bagi anak. Tanjamkan insting Anda agar buah hati tidak tersandung berbagai pengaruh negatif dari lingkungan.

Menjadi orangtua dari anak yang beranjak besar berarti menyiapkan berbagai hal tidak terduga, seperti bullying. Bullying merupakan tindakan yang mengganggu, menindas orang lain biasa dilakukan oleh pihak yang lebih kuat. Bullying banyak terjadi di lingkungan sekolah. Walaupun terkesan sepele, namun memiliki dampak perkembangan mental yang serius. Bahkan terkadang disertai munculnya aneka keluhan fisik.

Selain itu, lajunya perkembangan teknologi yang begitu cepat juga membawa pengaruh positif dan negatif bagi anak. Kecanggihan teknologi membuat pilihan jenis video game semakin bervariasi. Sebagai orangtua, ANda pelu mengetahui bahayanya jika kegemaran anak terhadap video game sudah mencapi taraf adiksi.

Rokok merupakan simbol kematangan yang dipengaruhi oleh maraknya film-film lebar yang abnyak memperlihatkan adegan merokok. Otak anak yang sedang berkembang sangat rentan terhadap pengaruh tayangan semacam ini.

Kemungkinan obesitas akibat pola makan yang tidak terjaga sejak kecil juga berpengaruh tidak baik bagi perkembangan anak karena selain menghambat aktivitasnya, obesitas memiliki dampak yang serius bagi kesehatan anak jangka panjang.

No comments: