Tuesday 29 June 2010

Sibuk Kerja Bikin Kita Mudah Lupa

Tidak mengherankan mereka yang terbiasa sibuk bekerja seringkali tidak bisa mengingat apa yang sudah mereka lakukan di hari sebelumnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa belajar sambil melakukan berbagai hal akan menghasilkan kemampuan mengingat yang berkurang, termasuk pada hal yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jika kita mempelajari sesuatu sambil mengerjakan hal-hal lain, maka konsentrasi kita akan terpecah sehingga hasil yang kita pelajari juga akan berbeda dan kurang fleksibel. Kurang fleksibel artinya ingatan kita akan lebih mengikat terhadap kondisi khusus saat kita mempelajarinya dan kurang mudah untuk mengingat kembali jika kondisinya berubah.

Hipotesa laboratorium menunjukkan bahwa memori deklaratif dan prosedural pada otak kita diduga saling bersaing satu dengan yang lainnya. Melakukan pekerjaan beberapa hal dengan sekaligus mungkin menyebabkan seseorang kurang menggantungkan pada memori deklaratif dan lebih bergantung pada memori prosedural. Perbedaan tersebut menjadi penting karena memori deklaratif jauh lebih fleksibel.

Dalam studi ini, para peneliti memperlihatkan kartu-kartu kepada 14 relawan dan meminta mereka untuk menggolongkan kartu-kartu tersebut menjadi dua kategori. Para relawan di kelompok pertama bekerja fokus hanya pada tugasnya, sedangkan para relawan di kelompok kedua juga melakukan hal tersebut namun sambil melakukan hal lainnya pada saat yang sama. Semua tugas yang dikerjakan oleh para relawan kemudian dianalisa sehingga para peneliti dapat mengobservasi fungsi otak mereka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dipelajari tanpa gangguan akan melibatkan sistem memori deklaratif. Sedangkan segala sesuatu yang dipelajari di bawah gangguan akan menggantungkan wilayah otak yang melibatkan memori prosedural.

No comments: