Monday 31 May 2010

Wanita Lebih Tertarik Pada Pria Humoris

Tahukah Anda? Bedasarkan jurnal Evolution and Human Behavior, diketahui bahwa rasa humor yang baik (good sense of humor) ternyata penting bagi wanita saat memilih pasangan yang cocok dengannya. Seorang wanita bahkan bersedia mengabaikan kekurangan seorang pria bila pria tersebut sanggup membuatnya tertawa.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Westfield State College, Massachusetts, AS memperlihatkan bahwa humor bisa berpengaruh positif pada daya tarik dan kemungkinannya akan semakin besar ketika pria menggunakan humor tersebut dan kemudian terevaluasi oleh si wanita.

Penelitian lainnya dari McMaster University, Ontario, Kanada juga pernah mengkaji apakah good sense of humor (GSOH) yang muncul di berbagai iklan jodoh, benar-benar membuat iklan itu memiliki perbedaan dibanding iklan lainnya. Penelitian tersebut dilakukan kepada sekelompok wanita dimana peneliti memperlihatkan foto dua pria yang sama menariknya berikut ringkasan otobiografi yang ditulis oleh kedua pria tersebut. Salah satu di antara kedua pria itu memiliki rasa humor dan yang satu lainnya tergolong serius. Setelah keterangan pada foto itu diubah-ubah, kemudian kelompok wanita diminta untuk menentukan pria mana yang akan mereka pilih sebagai pasangan yang cocok. Hasilnya, pria yang digambarkan memiliki rasa humor yang tinggi, lebih bisa diterima secara sosial, tetapi dianggap kurang bisa dipercaya, kurang jujur, dan kurang pintar. Sedangkan pria umumnya tidak memilih pasangan yang lucu, tetapi ternyata kaum wanita menyukai sebaliknya. Wanita umumnya akan memilih pria yang lucu sebagai pasangannya, meskipun mereka menilai pria lucu itu kurang jujur dan kurang pandai.

Sumber: Jurnal Evolution and Human Behavior

No comments: