Monday 31 May 2010

Bahaya Memakai Tas Besar

Tas besar memang sahabat bagi wanita bekerja, selain bisa menampung banyak barang, kini juga sudah menjadi tren. Namun, adakah dampak kesehatan yang harus ditanggung jika Anda sering membawa tas besar?

Di Amerika Serikat, cukup banyak kaum wanita yang mengeluh sakit pada leher dan punggungnya. Ternyata penyebabnya adalah karena mereka sering memakai tas besar untuk ke kantor atau kegiatan lainnya.

Kebanyakan kaum wanita tersebut mengalami sakit leher dan pusing-pusing. Penyebabnya yaitu karena setiap hari barang yang mereka simpan dalam tas memiliki berat sekitar 3-4.5 kg.
Perlu diketahui, leher atau pundak yang terlalu dibebani dapat menyebabkan sakit pada punggung dan akan bertambah parah karena kebanyakan wanita tersebut bekerja duduk di depan komputer atau aktif berolahraga.

Para peneliti menyarankan agar para wanita itu memperbaiki postur tubuh ketika membawa barang berat, yakni dengan cara menjaga agar kepala dan pundak dalam posisi lurus atau tegak. Selain itu, lakukan variasi ukuran tas setiap harinya. Jadi jika hari ini Anda menjinjing tas besar, maka untuk besok bawalah koleksi tas mungil Anda.

Untuk mengatasi keluhan akibat tas besar disarankan untuk melakukan pemijatan atau mengonsumsi obat anti radang, serta cukup istirahat agar gejala tersebut cepat hilang. Namun yang paling penting sebenarnya adalah kesadaran para wanita terhadap kesehatannya sendiri.

Dalam jurnal American Physical Therapy Association, disebutkan bahwa berat barang yang boleh dibawa anak-anak dalam tasnya adalah 10-15% dari bobot tubuh. Tas yang disarankan adalah jenis backpack atau tas punggung karena beban tidak berkumpul di satu bagian tubuh.

Sumber: Reuters

No comments: