Monday 31 May 2010

Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga Lebih Sehat

Wanita yang bekerja sekaligus berperan sebagai istri dan ibu rumah tangga ternyata dapat membantu kondisi wanita tersebut untuk tetap dalam keadaan yang sehat.

Menurut hasil studi di Inggris, diketahui bahwa ibu rumah tangga biasa dan wanita yang belum mempunyai anak ternyata memiliki tingkat kesehatan yang lebih rendah dan cenderung mudah mengalami obesitas dibandingkan kelompok wanita yang mempunyai berbagai peran, baik dalam pekerjaan maupun rumah tangganya.

Peneliti dari University College, London menyatakan bahwa wanita yang memiliki berbagai peran dalam jangka waktu cukup lama diketahui cenderung memiliki tingkat kesehatan yang baik di usia 54 tahun. Wanita karir cenderung memiliki kondisi kesehatan yang umumnya baik karena mereka mengkombinasikan karir dan keluarga dalam menjalani kehidupannya.

Dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, dianalisa laporan kesehatan sekitar 2.000 wanita dengan usia 26 sampai 54 tahun dan juga indeks massa tubuhnya sebagai metode untuk mengukur obesitas. Laporan kesehatan tersebut ditambahkan dengan informasi mengenai status pernikahan, pekerjaan, dan apakah mereka mempunyai anak atau tidak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa wanita yang berperan sebagai ibu rumah tangga dalam hidupnya memiliki tingkat kesehatan yang lebih rendah, kemudian diikuti oleh ibu yang hanya berperan sebagai orang tua tunggal dan yang terakhir adalah mereka yang tidak memiliki anak atau tetap melajang.

Ibu rumah tangga diketahui cenderung lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dan kecepatan obesitas yang paling tinggi yaitu sebanyak 38%, sedangkan wanita yang bekerja sekaligus berperan sebagai istri maupun ibu rumah tangga ternyata memiliki tingkat obesitas yang paling rendah.

Para peneliti juga menyatakan bahwa wanita yang berperan sebagai pekerja, sekaligus sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga, umumnya memiliki kesehatan yang lebih baik.
Namun, hal tersebut tidak terlalu jelas apakah mereka bekerja dan mempunyai anak karena kondisi mereka yang sehat atau apakah mereka sehat karena mereka bekerja dan juga memiliki anak. Penelitian ini masih memerlukan studi lebih lanjut dan mungkin memiliki potensi kesehatan bagi hubungan sosial seorang wanita untuk jangka panjang.

No comments: