Monday 31 May 2010

Sunat, Cegah Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang terjadi pada daerah penis dimana penyebabnya adalah virus yaitu Human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin ini berisiko untuk menjadi kanker. HPV ini juga merupakan penyebab utama dari kanker mulut rahim dan kanker anus (dubur).

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, dalam jurnal kesehatan Sexually Transmitted Diseases, melaporkan bahwa dengan sunat dan pemakaian kondom secara teratur akan mengurangi risiko terkena infeksi HPV pada penis.

Penelitian ini dilakukan terhadap 393 pria yang datang ke klinik Penyakit Menular Seksual (PMS) Di Arizona, Amerika Serikat dari bulan Juli 2000 hingga Januari 2001. Pria-pria ini diajukan beberapa pertanyaan dan dilakukan pemeriksaan apusan penis untuk mengetahui DNA dari HPV, untuk melihat apakah mereka terinfeksi.

Pria yang melakukan hubungan seksual lebih dari 30 kali perbulan, tiga kali lipat lebih mungkin untuk menemukan HPV dibanding dengan pria yang melakukan hubungan seksual tidak lebih dari 5 kali perbulan.

Dan pria yang melakukan sunat dan penggunaan kondom secara teratur kelihatannya mampu untuk mencegah mereka menderita kutil kelamin. Pria yang disunat hanya sepertiganya yang terinfeksi, sedangkan bila pria tersebut menggunakan kondom, maka risikonya akan berkurang hingga separuhnya.

No comments: