Monday 31 May 2010

Wanita Hidup Lebih Lama, Mengapa?

Dari statistik usia harapan hidup pria dan wanita, terlihat wanita mempunyai usia harapan hidup yang lebih lama dibanding pria. Dengan kata lain, pria mempunyai usia yang lebih pendek dibanding wanita. Ini bukan saja berlaku di Indonesia, tapi hampir di seluruh negara di dunia. Mengapa demikian?

Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat menjelaskannya, tapi beberapa pendapat yang mencoba untuk memberikan jawaban, antara lain beberapa pendapat di bawah ini dari the National Women's Health Information Center.

Pria mempunyai usia yang lebih pendek dibanding wanita, kemungkinan disebabkan oleh:

1. Pria lebih menyukai kegiatan, olahraga atau tindakan yang berbahaya, berisiko mengundang maut.
2. Pria lebih cenderung dan lebih banyak yang mempunyai gaya hidup kurang sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol dan lain-lain.
3. Pria lebih jarang dan sulit untuk diajak berobat saat sakit. Sering merasa bahwa fisiknya kuat dan mampu melawan penyakit apapun.
4. Pria cenderung untuk bekerja hingga lupa waktu, menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk bekerja, membuat tingkat stres menjadi tinggi. Dan sedikit waktu yang digunakan untuk dirinya sendiri maupun bersenang-senang dengan keluarga.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan pendapat ini? Jika setuju, tentunya Anda tahu bagaimana membuat usia pria menjadi paling tidak sama dengan usia wanita, bukan?

No comments: