Wednesday 26 February 2014

Skoliosis Pada Masa Anak & Remaja


Oleh Dr. Tony Setiobudi BMedSci (Sydney), MBBS (Flinders), MMed (Ortho), FRCS (Ortho) (Edinburgh)

Scoliosis adalah kelengkungan tulang belakang dari samping ke samping. Tulang belakang memiliki kelengkungan normal bila dilihat dari samping. Bila dilihat dari depan atau belakang tulang belakang yang normal akan tampak lurus. Scoliosis biasanya mempengaruhi dua kelompok usia: anak-anak atau remaja dan orang tua

Bagaimana scoliosis terdeteksi di masa remaja?

Anak-anak atau remaja dengan scoliosis mungkin tidak menyadari ada masalah karena kondisi ini biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri. Hal ini sering terdeteksi selama pemeriksaan kesahatan di sekolah. Scoliosis mempengaruhi lebih banyak anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki. Kurva yang tidak seimbang lebih gampang terdeteksi. Anggota keluarga atau anak sendiri dapat mendeteksi postur tulang belakang yang abnormal. Cara sederhana untuk mendeteksi scoliosis adalah dengan meminta anak untuk membungkuk dan memeriksa punggung dari belakang. Satu sisi punggung lebih tinggi dari sisi yang lain di scoliosis. Hal ini karena rotasi tulang belakang selalu terjadi di scoliosis.

Bagaimana pengobatan scoliosis pada masa remaja?

Sebagian besar scoliosis tidak memerlukan operasi. Pengobatan tergantung dari usia anak dan besarnya kurva. Kurva kecil mungkin hanya memerlukan observasi saja. Kurva sedang pada anak-anak sebelum pubertas mungkin memerlukan brace untuk tulang belakang. Kurva besar atau kurva yang menunjukkan perkembangan yang signifikan mungkin memerlukan operasi. Kurva biasanya memburuk dalam masa pertumbuhan. Kurva scoliosis biasanya tidak memburuk ketika pertumbuhan badan sudah berhenti kecuali untuk kurva besar.

Kapan anak-anak dengan scoliosis perlu periksa ke dokter?

Kalau anda melihat kelainan pada lengkung tulang belakang di anak anda, akan lebih baik untuk memeriksakan masalah ini ke dokter yang berpengalaman menangani scoliosis. Pengobatan dini yang sederhana seperti brace dapat menghambat pertumbuhan kurva. Scoliosis yang diikuti dengan nyeri punggung dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius.

Apa saja penyebab dari scoliosis pada anak-anak atau remaja?

Sebagian besar scoliosis di anak-anak tidak diketahui penyebabnya. Istilah kedokteran untuk masalah ini adalah adolescent idiopathic scoliosis. Penyebab lainnya yang jarang adalah tulang tulang belakang yang tidak terbentuk dengan sempurna (congenital scoliosis), kelainan di saraf kecil dan besar, otak dan otot, kaki yang satu lebih pendek dari yang lain dan tumor di tulang belakang. Penanganan sederhana seperti mempertinggi sepatu di kaki yang pendek sering kali dapat menyembuhkan scoliosis.

No comments: