Wednesday 26 February 2014

Mencegah Kanker Kulit


Kanker adalah sekelompok penyakit di mana tubuh menghasilkan kelebihan sel-sel ganas (juga dikenal sebagai karsinogen atau kanker), dengan perilaku khas dan pertumbuhan tidak terkendali (pertumbuhan dan pembelahan di luar batas normal, invasi jaringan sekitarnya dan kadang-kadang metastasis). Metastasis, karakteristik kanker umumnya, adalah propagasi dengan jarak tertentu, terutama melalui getah bening atau darah, yang berasal dari sel-sel kanker, dan pertumbuhan tumor yang baru di tempat tujuan metastasis tersebut. Ketiga sifat (pembelahan sel yang tidak terkendali, perilaku menyimpang dan metastasis) membedakan kanker ganas (dengan kanker biasa), tumor jinak, yang terbatas dan tidak menyerang atau bermetastasis. Sebagian besar kanker adalah tumor, termasuk leukemia, tapi beberapa yang lain tidak.

Semua kanker disebabkan oleh kelainan pada materi genetik dari sel-sel yang berubah dengan cara ini. Kelainan ini disebbkan efek karsinogen, seperti radiasi (pengion, ultraviolet, dll), bahan kimia (dari industri, asap rokok dan polusi secara umum, dll) atau infeksi agen. Kelainan genetik lain yang dapat menyebabkan kanker diperoleh selama replikasi DNA normal ketika kesalahan uncorrectable terjadi selama waktu bersamaan, atau genetik, dan kesalahan replikasi ini muncul di semua sel sejak lahir (menyebabkan kemungkinan peningkatan potensi penyakit ini). Ada interaksi yang kompleks antara karsinogen dan materi genetik, yang merupakan salah satu alasan mengapa beberapa orang yang cepat berkembang kankernya setelah terpapar karsinogen sementara yang lainnya tidak. Aspek-aspek baru dari genetika kanker, seperti metilasi DNA dan microRNAs baru-baru ini diakui dan dipelajari sebagai faktor penting untuk dipertimbangkan karena keterlibatannya terhadap kanker.

Kelainan genetik yang ditemukan dalam sel-sel kanker dapat dari jenis mutasi node, translokasi, amplifikasi, pembuangan kromosom, dan keuntungan / kerugian dari seluruh kromosom. Ada gen yang lebih rentan terhadap mutasi yang memicu kanker. Gen ini, ketika dalam keadaan normalnya disebut protooncogenes, dan ketika bermutasi disebut onkogen. Dimana gen ini sering mengkodekan reseptor faktor pertumbuhan, sehingga penyebab mutasi gen reseptor memproduksi secara permanen pengaturan atau mengkodekan didalam faktor pertumbuhan itu sendiri, dan mutasi dapat menyebabkan faktor pertumbuhan terjadi berlebihan dan tidak terkendali.

KANKER KULIT

FAKTOR RISIKO

Penyebab yang mendasari kanker ini tidak sepenuhnya diketahui. Ya, Anda telah mempelajari adalah faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi pembelahan sel.

Overexposure dari solinfluye/ultraviolet bisa mengembangbiakkan kanker ini. Orang yang bekerja di didunia luar, contohnya petani dan pelaut, memiliki resiko pada kulit yang terpapar, yang sering muncul di leher.

Meskipun cahaya matahari membantu mensintesis vitamin A dan D, Exposure berlebihan, menjadikan kulit seperti memerah terbakar, bisa meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk melanoma ganas.

Ada korelasi antara risiko melanoma dengan posisi matahari atau iklim satu negara.Tergantung pada periode waktu di mana penyakit ini biasanya muncul di negara-negara lintang tropis, yang berarti matahari yang berlebihan terus konsisten untuk jangka waktu lama.

Tidak hanya pengaruh namun kontak yang terlalu lama terhadap eksplositas sinar matahari, untuk liburan misalnya, merupakan faktor risiko untuk terjangkit melanoma.

Melanoma berbeda dari tumor kulit ganas, tipe melanoma biasanya menyerang tergantun jenis kelamin, usia dan lokasi tubuh. Umumny melanoma ganas kulit terjadi di daerah yang tidak ada penutup atau penahan sengatan UV/ultra vioelt dari matahari dengan intensitas tertinggi. 

PENCEGAHAN

Faktor risiko utama untuk kanker ini adalah paparan berlebihan terhadap radiasi ultraviolet. Hindari paparan intens atau lama terhadap sinar matahari, berusaha tidak tereskpose pada saat-saat radiasi matahari lebih kuat dari sebelumnya dengan pencegahan menggunakan media pelindung yang dapat digunakan.

Cara lain adalah menggunakan bahan yang transparan diarea yang lebih sensitif seperti penggunaan topi, kacamata UV queabsorban 99% sampai 100%,.

Penggunaan krim tabir surya bisa mengurangi bahaya sinar ini. Harus digunakan secara benar, ada derajat iklim yang berbeda penggunaannya dari setiap jenis kulit. Krim ini bisa bekerja pada waktu dimana sinarnya tidak dominan.

Ketika tahi lalat anda telah berubah dalam kemunculannya atau tercatat adanya pendarahan berlebihan, Anda harus ke dokter. Anda harus diperiksa apakah itu ganas atau tidak. Kanker jenis ini dapat dicegah dibanding kebanyakan kanker atau tumor lainnya.

Langkah-langkah utama sebelum dan selama paparan sinar matahari

- Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol dan parfum.
- Memilih tabir surya yang tepat, tergantung pada jenis kulit, lokasi dan kondisi lingkungan.
- Pakaikan produk krim tabir surya selama 30 menit sebelum berjemur, terutama untuk kulit kering.

- Hindari berjemur antara tengah hari dan empat jam kemudian, di daerah dataran tinggi dan di tempat-tempat dekat dengan iklim tropis.
- Air, salju dan pasir sinar bertindak sebagai pemantul sinar matahari sehingga meningkatkan intensitas. Untuk alasan ini, sehingga menyebabkan anda tetap kepanasan walaupun di tempat teduh.
- Anda harus minum banyak cairan untuk mengkompensasi kehilangan cairan akibat paparan sinar matahari.
- Setelah mandi, ketika Anda telah berkeringat banyak, atau waktu waktu di terik matahari yang bisa menghapus krim ini dikulit, maka anda perlu mengolesi kembali krim ditubuh anda.
- Setelah paparan sinar matahari perlu mengkonsumsi banyak cairan unuk mengimbangi banyaknya caian yang hilang.

GAMBARAN OPSI PENGOBATANNYA

Pengobatan kanker kulit

Ada beberapa pengobatan untuk kanker kulit ini. Tiga jenis pengobatan yang digunakan:

Operasi (mengambil kanker)

kemoterapi (menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker)

terapi radiasi (menggunakan x-ray untuk membunuh sel kanker)

Banyak kanker kulit yang dirawat oleh spesialis dalam penyakit kulit (dermatologist). Tetapi malah seringkali kanker dapat disembuhkan di klinik dokter biasa.

Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk kanker kulit. Dokter dapat membuang kanker dengan menggunakan salah satu metode berikut:

Electrodesiccation dan kuretase. Operasi di mana arus listrik digunakan untuk mengeringkan tumor (electrodesiccation) dan kemudian instrumen khusus (kuret) digunakan untuk mengangkat tumor.

Cryosurgery. Operasi yang membekukan dan menghancurkan tumor.

Eksisi sederhana. Operasi di mana kanker kulit diambil bersama dengan beberapa jaringan yang sehat yang terletak di sekitarnya.

Operasi micrographic. Operasi di mana kanker dan sedikit jaringan normal mungkin dibuang. Selama operasi ini, dokter mengangkat kanker dan kemudian menggunakan mikroskop untuk memeriksa daerah yang terserang kanker dan memastikan tidak ada sel-sel kanker tertinggal.

Terapi laser. Dalam metode ini sinar yang cahay berkonsentrat tinggi yang menghancurkan sel-sel kanker.

Pembedahan dapat meninggalkan bekas luka pada kulit. Tergantung pada ukuran kanker, Anda dapat mengambil kulit dari bagian lain dari tubuh dan menempatkannya di daerah di mana kanker telah dibuang. Prosedur ini disebut cangkok kulit. Metode bedah dan grafting baru dapat mengurangi jaringan parut.

Terapi radiasi menggunakan sinar-x untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor sehingga menyusut dan hilang. Terapi radiasi untuk kanker kulit berasal dari mesin di luar tubuh (terapi radiasi eksternal).

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Dalam pengobatan kanker kulit, kemoterapi biasanya diberikan dalam bentuk krim atau lotion dioleskan pada kulit untuk membunuh sel-sel kanker (kemoterapi topikal). Hal ini juga dapat diambil dalam bentuk pil atau Anda dapat memasukkan ke dalam tubuh melalui jarum dimasukkan ke pembuluh darah atau otot. Dikatakan bahwa kemoterapi merupakan pengobatan sistemik karena obat memasuki aliran darah, berjalan melalui tubuh dan membunuh sel-sel kanker di luar kulit.

(Menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker) Terapi biologi sedang dievaluasi juga dalam uji klinis. Tujuan terapi biologis adalah untuk merawat tubuh sendiri untuk melawan kanker. Dalam zat terapi biologi yang diproduksi oleh tubuh atau dibuat di laboratorium untuk meningkatkan, langsung atau mengembalikan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit kanker. Terapi biologi juga dikenal sebagai respon terapi pengubah biologis (BRM untuk singkatan dalam bahasa Inggris) atau imunoterapi.

Dalam terapi photodynamic, memasukkan jenis tertentu dari cahaya dan bahan kimia khusus untuk membunuh sel-sel kanker.

Kanker kulitBasal cell Karsinoma (BCC)

Pasien mungkin menerima salah satu perawatan berikut:

1. Operasi micrographic. Operasi di mana kanker dan sedikit jaringan normal mungkin dibuang. Selama proses ini dokter menghilangkan kanker dan kemudian menggunakan mikroskop untuk menganalisis daerah operasi dan memastikan tidak ada sel-sel kanker.
2. Pembedahan dalam kanker kulit dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya akan dibuang.
3. Electrodesiccation dan kuretase. Operasi di mana arus listrik digunakan untuk mengeringkan tumor (electrodesiccation) dan kemudian instrumen khusus (kuret) digunakan untuk mengangkat tumor.
4. Cryosurgery. Bedah yang melibatkan pembekuan dan menghancurkan kanker.
5. Radioterapi.
6. Terapi laser. Dalam metode ini sinar yang sangat terkonsentrasi yang menghancurkan sel-sel kanker.
7. Kemoterapi topikal.
8. Uji klinis chemoprevention.
9. Uji klinis terapi biologis.
10. Teknik terapi photodynamic di mana obat fotosensitif yang digunakan untuk membunuh kanker.

Tapi yang paling penting adalah selalu memeriksa kulit Anda secara teratur agar kanker dapat diobati jika suatu saat kembali lagi (kambuh).

KARSINOMA UNTUK SEL KULIT BERSISIK

Pasien mungkin menerima salah satu perawatan berikut:

1. Operasi micrographic. Operasi di mana kanker dan sedikit jaringan normal mungkin dibuang. Selama proses dokter menghilangkan kanker dan kemudian menggunakan mikroskop untuk menganalisis daerah operasi dan memastikan tidak ada sel-sel kanker lagi.
2. Pembedahan dalam kanker kulit dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya akan dibuang.
3. Electrodesiccation dan kuretase. Operasi di mana arus listrik digunakan untuk mengeringkan tumor (electrodesiccation) dan kemudian instrumen khusus (kuret) digunakan untuk mengangkat tumor.
4. Cryosurgery. Bedah yang melibatkan pembekuan dan menghancurkan kanker.
5. Radioterapi.
6. Kemoterapi topikal.
7. Terapi laser.
8. Uji klinis terapi biologis dengan atau tanpa terapi chemoprevention

No comments: