Wednesday 26 February 2014

Kolik


Kolik adalah suatu situasi di mana terdapat gerakan berlebihan di ureter, saluran seni bagian dalam, akibat dari adanya suatu benda di dalamnya. Keadaan tersebut menyebabkan sakit yang hebat. Benda dalam ureter biasanya berupa batu kecil, namun juga bisa berupa gumpalan kuman, atau endapan air seni.

Kondisi itu terjadi karna berbagai hal. Seperti contohnya faktor bakat, ketika orang tersebut memiliki kelainan metabolisme yang menyebabkan tubuh mudah membentuk endapan. Dapat juga terjadi karena kurang minum dan jarang bergerak.

Rasa sakit yang amat sangat terjadi karena  batu yang terbentuk di dalam ginjal, masuk ke saluran kencing, hingga menutup ureter, dan lalu ureter mendorong batu keluar. Hal tersebut dapat diatasi dengan banyak minum air putih agar batu yang telah terbentuk dapat keluar dengan sendirinya. Selain itu, jika batu yang ada masih berukuran kecil, dapat ditembak dengan laser. Untuk mencegahnya, banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih, banyak bergerak, dan jaga berat badan.

No comments: