Sunday 31 July 2011

Perkembangan Janin Pada Trimester Ketiga

Bagaimana perkembangan janin pada trimester ketiga di dalam kandungan?

Minggu ke-26 dan 27

Paru-paru belum sepenuhnya matang. Koneksi di batang otaknya terutama di bagian input sensori mulai terbentuk. Tulang-tulangnya sudah terbentuk utuh walaupun masih lunak dan empuk. Nutrisi tubuh seperti zat besi, kalsium, dan fosfor sudah tersedia cukup banyak. Janin sudah dapat mengeluarkan urin (buang air kecil) sekitar setengah liter setiap hari.

Minggu ke-28 dan 29

Bentuk kepala janin di minggu ini tampak lebih proporsional dibadingkan tubuhnya. Pertumbuhan kukunya sudah mencapai ujung jari - jarinya. Bulu halus menghilang kecuali di bagian lengan atas dan pundak. Proses penimbunan lemak sudah berlangsung cepat. Selaput mata membesar dan mulai merespon perubahan cahaya dalam rahim. Bakal payudara dan kedua jenis kelamin sudah muncul. Janin terbungkus lemak â?kejuuâ? (vernix) lengket untuk menghindarkan tubuh basah kuyup oleh cairan ketuban. Paru-parunya berkembang hampir matang. Panjang tubuh mencapai 35 hingga 37 cm, dengan bobot sekitar 900 gram.

Minggu ke-32 dan 33

Proporsi tubuh kini mendekati sempurna. Sekitar 90% janin sudah berada di posisi bawah atau jalan lahir. Gerakan-gerakannya sudah mulai terasa. Memasuki minggu ke-33, semua sistem organ tubuhnya masuk ke dalam tahap penyempurnaan. Rambut di kepala tampaknya lebih besar dan lebih tebal. Panjang tubuh mencapai 40, 5 cm, dengan berat badannya sekitar 1, 6 kg.

Minggu ke-35 hingga ke-38

Janin sudah masuk pada tahap siap untuk dilahirkan dan berkembang di luar rahim. Selama empat minggu ke depan, bobot tubuhnya akan bertambah sekitar 28 gram per hari. Posisi janin meringkuk, kedua tangan bersilang di dada, juga kedua kakinya. Rambut kepalanya sudah sepanjang 2, 5 cm. Untuk janin laki-laki, testis sudah turun ke bawah. Panjang tubuh mencapai 45 hingga 53 cm, dengan berat badan sekitar 2, 5 kg lebih.

Minggu ke-40

"Lemak keju" vernix sudah hilang, namun tersisa di bagian leher, ketiak, dan selangkangan. Jari-jari kukunya tambah panjang. Janin sudah dapat membuka matanya dan mengedipkan kedua matanya ketika bangun dari tidur atau melihat cahaya di rahim. Panjang tubuhnya mencapai 51 cm, dengan berat tubuhnya sekitar 3, 5 kg.

Ukuran panjang tubuh dan berat janin tidak selalu berada dalam kisaran seperti yang telah disebutkan di atas. Namun angka-angka tersebut adalah angka-angka yang ideal. Ukuran panjang dan bobot tubuh sangat ditentukan oleh faktor genetik (bawaan dari orang tuanya), asupan nutrisi, maupun pola hidup ibu selama masa hamil.

No comments: