Sunday 31 July 2011

Kebutuhan Tubuh akan Vitamin

Vitamin sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan bekerjanya sel-sel dalam tubuh dengan baik, tapi tubuh tidak dapat memproduksi vitamin itu sendiri (kecuali vitamin D). Oleh karena itu, diperlukan asupan dari luar dalam bentuk makanan maupun suplemen yang banyak dijual bebas.

Kekurangan vitamin sering terjadi akibat gizi makanan yang buruk, diet yang ketat atau penyerapan makanan dalam usus yang kurang baik. Oleh karena itu, kadang diperlukan asupan tambahan dalam bentuk suplemen. Tapi harus diingat, beberapa vitamin bila dikonsumsi berlebihan (seperti vitamin A dan D) dapat membahayakan.

1. Makanlah sedikitnya lima porsi sayur dan buah setiap hari. Karena sayur dan buah, kaya akan serat dan banyak mengandung vitamin C dan vitamin lainnya serta sebagai antioksidan.
2. Wanita usia subur sebaiknya mengonsumsi multivitamin yang mengandung sedikitnya 400 mcg asam folat untuk mencegah terjadinya cacat bayi di kemudian hari.
3. Bila konsumsi kalsium dalam menu sehari-hari dirasakan kurang, sebaiknya diberikan tambahan kalsium dari suplemen.
4. Dewasa dan lanjut usia sebaiknya mengonsumsi multivitamin sekali dalam sehari. Multivitamin dengan dosis yang sesuai dengan dosis kebutuhan sehari-hari. Hindari menggunakan vitamin dengan megadosis.
5. Untuk pasien dengan kolesterol yang tinggi, sebaiknya diberikan vitamin E 400 IU per hari. Vitamin E ini juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat.

No comments: